Alat-Alat yang Biasanya Digunakan Dalam Senam | Edukasi Center



Bagikan:


Alat senam lantai [image by Mendetail.com], 

Salah satu teknik dasar dalam senam adalah melompat. Melompat merupakan dasar untuk mengembangkan gerakan seperti mendarat, berputar, melayang, atau melompat vertikal. Gerakan melompat bertujuan untuk memaksimalkan layangan dan jarak.


Salah satu alat yang digunakan untuk variasi dalam melakukan lompatan adalah peti lompat. Melompati peti lompat dapat dilaksanakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan, di lapangan, maupun di halaman sekolah, sebab lompatan dengan peti lompat ini tidak memerlukan tempat yang terlalu luas.

Selain peti lompat, ada beberapa alat lain yang digunakan dalam senam. Alat tersebut antara lain papan tolakan, kudakuda lompat, dan matras.

Peti lompat (spring box)

Dibuat dari kayu, terdiri atas empat bagian atau lebih, sesuai dengan keperluan. Tiap bagian tingginya sekitar 25 cm. Bagian paling atas dilapisi bahan yang empuk setebal minimum 7, 5 cm. Panjang bagian atas antara 100 cm - 120 cm dan lebar 50 cm.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Kuda-kuda Lompat

Kuda-kuda lompat untuk nomor putra dan putri berbeda. Nomor putra menggunakan kuda-kuda lompat yang dipasang membujur dengan ukuran panjang 160 cm dan tinggi 136 cm di atas permukaan lantai. Ketika melakukan lompatan, posisi tangan menumpu pada sepertiga bagian pangkal atau ujung kuda-kuda. Sementara itu, nomor putri menggunakan kuda-kuda lompat yang dipasang melintang dengan panjang 160 cm dan tinggi 120 cm, dengan tumpuan tangan adalah di tengah-tengah alat.

Matras

Matras ialah alat pengaman pada pendaratan terbuat dari bahan yang lunak, misalnya busa atau sabut kelapa. Matras dari sabut kelapa biasanya berukuran lebar sekitar 120 cm dan panjang 240 cm sehingga tidak terlalu berat untuk mengangkutnya.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai gerakan dalam Senam Ketangkasan dibawah ini:
Papan tolakan

Papan tolakan (beat board) terbuat dari kayu dengan ukuran panjang 120 cm dan lebar 60 cm. Karena pembuatannya sukar dan harus dibuat oleh pabrik, pada umumnya sekolah-sekolah tidak mempunyai alat ini. Untuk mengatasi hal ini maka tolakan dilakukan di lantai dengan menggunakan garis yang dibuat dari kapur sebagai tempat menolak.

Daftar pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Alat-Alat yang Biasanya Digunakan Dalam Senam | Edukasi Center"

Posting Komentar