Sistem Penilaian dalam Perlombaan Loncat Indah | Edukasi Center



Bagikan:


Loncat Indah [Image by foto.news.viva.co.id], 

Gerakan yang indah dalam salah satu cabang olahraga air ini terbagi ke dalam enam gaya, yaitu (1) forward dive atau badan menghadap air, (2) backward dive atau badan menghadap papan, (3) reverse dive atau badan menghadap air, (4) inward dive atau badan menghadap papan, (5) twist dive atau badan melakukan perubahan arah ketika masuk ke air, dan (6) armstand dive atau posisi kepala di bawah dengan tangan memegang papan.


Dalam sebuah perlombaan, seorang peserta harus memberi keterangan pada para pencatat lomba mengenai gaya apa yang akan dilakukan paling lama 24 jam sebelum perlombaan tersebut dimulai.

Gerakan pada peserta loncat indah dinilai oleh juri. Pada awalnya, gerakan yang dinilai adalah tahap akhir loncatan yang dilihat berdasarkan besar kecilnya riak air ketika peserta masuk ke dalam air. Akan tetapi, sekarang ini juri menilai hal-hal lain, seperti penerapan teknik loncatan, gerakan memutar tubuh, dan gerakan salto sebelum masuk ke air. Nilai tertinggi yang diberikan oleh juri adalah 10.

Teknik loncat indah dapat dipelajari oleh setiap orang yang memiliki potensi dan kemauan. Seorang pemula sebaiknya tidak langsung melakukan loncatan dari menara loncat. Untuk latihan awal dapat dilakukan dengan melakukan loncatan dari samping kolam.

Mulailah dengan gerakangerakan loncat yangsederhana. Misalnya, salto ke depan atau salto ke belakang. Sebelum melakukan loncatan, pastikan kolam renang memiliki kedalaman yang cukup.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.



Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Sistem Penilaian dalam Perlombaan Loncat Indah | Edukasi Center"