Teknik Melakukan Lompat Tinggi Gaya Straddle



Bagikan:


Gambar Lompat Tinggi Gaya Straddle [Source image by www.ipapedia.web.id]

Macam-macam teknik lompat tinggi antara lain: teknik lompat tinggi gaya gunting (estern cut off), teknik lompat tinggi gaya guling (western), lompat tinggi gaya guling perut (straddle) dan teknik lompat tinggi gaya telentang (flop).


Menurut penyelidikannya bahwa gaya straddle dan gaya flop sama efisiennya serta mencapai lompatan lebih tinggi. Teknik dalam melakukan lompat tinggi gaya guling perut (straddle) adalah sebagai berikut.

Teknik Awalan Pada Lompat Tinggi Gaya Straddle

Cara melakukan awalan adalah sebagai berikut.

Awalan harus dilakukan dengan cepat dan menikung/ agak melingkar dan mengambil awalan dari samping antara 3 - 9 langkah, tergantung pada ketinggiannya yang penting di dalam mengambil awalan itu langkahnya harus ganjil. Pada saat akan melompat, langkah yang terakhir panjang.

Teknik Tolakan Pada Lompat Tinggi Gaya Straddle

Cara melakukan tolakan adalah sebagai berikut.

Menumpu/menolak dengan kaki kiri/kanan, maka ayunan kaki kanan/kiri ke depan. Setelah kaki ayun itu melewati mistar cepat balikkan badan, hingga sikap badan di atas mistar itu telungkup. Usahakan pantat lebih tinggi dari kepala, jadi kepala tunduk.

Bagi para pemula:
  1. Pikirkan tentang melompat langsung ke atas, bukan bagaimana supaya berhasil berada di balik mistar.
  2. Yakini bahwa langkah terakhir cukup panjang untuk menegakkan tubuh.
  3. Yakini bahwa kalian benar-benar melakukan lompatan dengan tolakan yang kuat.

Teknik Melewati Mistar Pada Lompat Tinggi Gaya Straddle

Banyak ragam teknik yang dapat digunakan untuk melewati mistar dalam lompat tinggi, namun tujuan utama dari berbagai teknik itu adalah:

  1. Membawa titik berat badan sedikit mungkin pada mistar tanpa menyentuh/ menjatuhkannya.
  2. Membawa bagian-bagian dari tubuh melewati mistar dengan nyaman tanpa menyentuh/ menjatuhkannya.
  3. Menciptakan kondisi agar pendaratan dapat dilakukan dengan selamat.

Teknik Mendarat Pada Lompat Tinggi Gaya Straddle

Yang harus diperhatikan ketika melakukan pendaratan adalah pelompat harus mengupayakan untuk melakukan pendaratan yang halus dan mengeper supaya terhindar dari cidera tubuh atau kelelahan yang belum waktunya.

Pada waktu jatuh atau mendarat yang pertama kena adalah kaki kanan dengan tangan kanan bila tumpuan memakai kaki kiri, lalu berguling. Bergulingnya yaitu menyusur punggung tangan dan berakhir pada bahu serta dilakukan dengan cepat.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Lompat Tinggi Gaya Straddle"

Posting Komentar