Pengertian dan Cara Merlakukan Teknik Gerakan Meroda Pada Senam Lantai



Bagikan:


Gambar ilustrasi gerakan meroda

Gerakan meroda adalah gerakan memutar badan dengan sikap awal menyamping arah gerakan dan tumpuan berat badan ketika berputar menggunakan kedua tangan dan kaki. Gerakan meroda merupakan latihan dengan tumpuan tangan yang dilakukan secara bergantian dengan singkat, selain itu ada saat posisi badan yang terbalik (kepala berada di bawah).


Meroda merupakan gerakan yang dilakukan dengan putaran badan sebesar 90 derajat. Kemampuan handstand (berdiri dengan tangan) merupakan salah satu syarat sebelum mempelajari gerakan meroda. Pada gerakan meroda beban yang ditanggung oleh ruas tulang belakang relatif kecil, karena saat tumpuan tangan terjadi hanya berlangsung sangat singkat.

Berikut ini cara melakukan teknik gerakan meroda pada senam lantai, yang dapat anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain.

1. Tahap persiapan
  • Berdiri menghadap ke arah gerakan
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan direntangkan serong atas.
2. Tahap pelaksanaan
  • Gerakan diawali dengan menggunakan tangan kiri atau kanan. Bila gerakan diawali dengan tangan kanan, letakkan telapak tangan pada matras yang diikuti kaki kiri terangkat lurus keatas. Selanjutnya tangan kirir diletakkan pada matras, kaki kanan terangkat lurus keatas hingga badan berdiri dengan tangan.
  • Segera turunkan kaki kanan ke matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras dan kaki kiri mendarat ke matras.
3. Akhir gerakan
  • Berdiri dengan sikap menyamping arah gerakan dengan posisi kedua kaki membuka selebar bahu.
  • Sikap kedua lengan direntangkan ke atas disamping telinga.




Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Cara Merlakukan Teknik Gerakan Meroda Pada Senam Lantai"

Posting Komentar