Pengertian dan Cara Melakukan Spike Dalam Bola Voli



Bagikan:


Gambar cara melakukan spike [Source image by jogja.solopos.com]

Setiap pemain bola voli dituntut untuk dapat menguasai semua teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli. Selain harus menguasai servis yang baik, pemain bola voli juga harus menguasai passing atas, passing bawah, dan Spike yang baik pula.


Spike adalah pukulan keras menukik ke bawah dalam suatu penyerangan. Pukulan ini biasanya mematikan dan merupakan suatu usaha untuk mencapai kemenangan dalam sebuah permainan atau pertandingan bola voli.

Spike merupakan suatu gerakan yang kompleks, yang terdiri atas langkah awal, tolakan untuk meloncat, memukul bola pada saat melayang di udara, dan saat mendarat kembali setelah memukul bola. Untuk melatih kemampuan spike dapat dimulai dengan melakukan spike tanpa awalan, berikut ini beberapa latihan yang dapat anda lakukan untuk melatih kemampuan spike anda.

1. Berlatih dengan berdua berhadapan

Caranya seorang pemain bertugas melempar bola lambung ke arah pemain lainnya yang akan melakukan spike. Bola dilambungkan ke atas tepat didepan (muka) kepala sehingga mudah di spike. Bola di spike tanpa awalan dengan memperhatikan gerakan tangan sesuai langkah-langkah spike.

2. Berlatih di depan jaring atau net

Caranya sama dengan latihan pertama, hanya saja bola di spike ke arah seberang jaring. Pemain yang melakukan spike awalnya berdiri di samping jaring, kemudian saat bola datang melakukan lompatan setinggi-tingginya dan melakukan pukulan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Cara Melakukan Spike Dalam Bola Voli"

Posting Komentar