Pengertian Blocking Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Teknik blocking dalam bola voli

Bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yang dimainkan secara beregu enam orang dengan mengandalkan tangan untuk memukul bola. Seperti pada permainan lainnya, bola voli juga mempunyai beberapa teknik dasar yang perlu dan wajib untuk diuasai oleh setiap pemain yang akan bermain.


Salah satu teknik tersebut adalah membendung atau blocking, Membendung atau blocking merupakan suatu upaya pemain untuk menutup arah datangnya bola dari daerah lawan dengan jangkauan tangan di atas net. Jadi blocking mempunyai fungs untuk menahan atau menutup ruang lawan dalam memukul bola.

Cara melakukan blocking dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut.
  • Sikap permulaan dalam melakukan blocking adalah berdiri menghadap jaring, jarak kedua kaki selebar bahu, lutut ditekuk dan kedua tangan siap di depan dada, pandangan selalu mengawasi bola serta memperhatikan lawan yang akan melakukan smash.
  • Pelaksanaan blocking yaitu dengan menolakkan kedua kaki, kedua telapak tangan dirapatkan, jari-jari direntangkan setelah melakukan penetrasi (bendungan) ke sisi lapangan dan tempatkan kedua tangan diantara pemukul lawan. Posisi kedua tangan menutup daerah yang diperkirakan menjadi sasaran lintasan bola smash. Usahakan agar bola memantul dari tangan dan jatuh dilapangan lawan.
  • Pada gerak lanjutan, segera setelah mendarat dengan kedua kaki ngeper dan mengambil posisi siap untuk menghadapi permainan berikutnya.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Blocking Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar