Manfaat Dari Melakukan Senam Irama



Bagikan:


Senam irama [image by merdeka.com]

Setiap orang pasti menghendaki selalu dalam kondisi sehat, baik jasmani maupun rohani. Begitu halnya dengan mereka yang melakukan senam, seperti pada senam-senam lainnya, senam irama juga mempunyai beberapa manfaat jika kita melakukannya dengan benar dan kontinu. Berikut ini beberapa manfaat umum yang dapat kita peroleh jika melakukan senam irama.


1. Manfaat Fisik

Orang yang melakukan senam irama secara rutin akan mengembangkan kemampuan daya tahan, otot, kekuatan, tenaga, kelenturan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangan. Berkembangnya semua kemampuan itu sangatlah mendasar terhadap gerak secara umum. Selain itu, kegiatan senam irama dapat membantu mempersiapkan diri mengembangkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

2. Manfaat Mental

Orang yang rutin melakukan senam irama mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara aktif dan kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak sehingga orang tersebut akan berkembang kemampuan mentalnya.

3. Manfaat Sosial

Kegiatan senam irama lebih sering dilakukan secara bersama-sama atau massal, dimana jumlahnya pasti banyak (lebih dari 1 orang). Dalam kondisi seperti itu otomatis akan terjadi interaksi hubungan sosial satu sama lain, terutama sebelum dan sesudah melakukan senam irama. Dengan demikian, secara otomatis pula akan berkembang kemampuan sosialnya.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Manfaat Dari Melakukan Senam Irama"

Posting Komentar