Ukuran Peluru (Putra dan Putri) dan Ukuran Lapangan Tolak Peluru



Bagikan:


Ilustrasi ukuran lapangan tolak peluru
Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Tolak Peluru termasuk kedalam kelompok olahraga lempar, selain tolak peluru terdapat pula olahraga lainnya yaitu lempar cakram dan lempar lembing.

Sama halnya dengan olahraga yang lainnya, tolak peluru juga memerlukan beberapa peprlengkapan penunjang untuk olahraga ini. Peralatan untuk tolak peluru ialah peluru (bola) dan lapangan. Kedua perlengkapan tersebut harus memenuhi standar mulai dari bahan serta ukurannya. Ukuran peluru untuk putra dan putri,serta ukuran lapangan tolak peluru adalah sebagai berikut.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:
1. Ukuran Peluru
Peluru yang digunakan dalam olehraga tolak peluru terbuat dari besi berbentuk bulat dengan berat sebagai berikut.
  • Untuk putra (senior), berat peluru yaitu: 7,26 kg.
  • Untuk putri (senior), berat peluru yaitu: 4 kg.
  • Untuk putra (junior), berat peluru yaitu: 5 kg
  • Untuk putri (junior), berat peluru yaitu: 3 kg
2. Ukuran lapangan
Lapangan tolak peluru hampir sama dengan lapangan lempar cakram, lapangannya berbentuk lingkaran dengan diameter dalam 2,135 m, perpanjangan garis diameter kanan dan kiri 0,75 m, sudut sektor 40o. Lebar balok penahan 11,2–30 cm, panjangnya 1,21-1,23 m di dalam, tebal 9,8-10,2 cm.

Itulah sedikit informasi mengenai ukuran peluru putra dan putri serta ukuran lapangan tolak peluru, semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga atletik, khususnya tolak peluru.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Peluru (Putra dan Putri) dan Ukuran Lapangan Tolak Peluru"

Posting Komentar