Alat dan Perlengkapan Tolak Peluru Gaya Membelakangi (O’Brien) | Edukasi Center



Bagikan:


gambar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (O’Brien) [pinterest.com], 

Meskipun tolak peluru termasuk nomor lempar, namun istilah yang digunakan bukan lempar peluru, tetapi tolak peluru. Penggunaan istilah tersebut disesuaikan dengan peraturan cara melepaskan peluru, yaitu dengan cara didorong atau ditolakkan, istilah dalam bahasa Inggris adalah the short put.


Ada dua macam gaya yang sering digunakan yaitu gaya lama atau menyamping atau ortodoks dan gaya baru atau membelakangi atau Perry O ‘ Brien. Ada beberapa peralatan dan perlengkapan penting yang harus ada dalam olahraga tolak peluru, yaitu peluru dan lapangan. Berikut ini akan dijelalskan mengenai kedua alat dan perlengkapan tersebut.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:
1. Bahan peluru berupa bola besi, kuningan, tembaga atau logam yang beratnya disesuaikan dengan usia atau tingkat pelempar.
  • Untuk putra pemula 5 kg.
  • Untuk putri pemula 3 kg.
  • Untuk putra internasional 7,257 kg
  • Untuk putri internasional 4 kg
2. Lapangan tolak peluru berbentuk lingkaran, lingkaran lempar terbuat dari besi yang tebalnya 6 mm, tingginya 2 cm dipasang rata dengan tanah di sekelilingnya, di dalamnya dibuat dari plester dan 2 cm lebih rendah dari sekelilingnya.

Itulah beberapa alat dan perlengkapan yang digunakan dalam olahraga tolak peluru dalam gaya menyamping maupun gaya membelakangi, semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai olahraga tolak peluru.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Alat dan Perlengkapan Tolak Peluru Gaya Membelakangi (O’Brien) | Edukasi Center"

Posting Komentar