Akhir Gerakan Cara Tolak Peluru Gaya Belakang (Gaya O'Brien)



Bagikan:


Tolak peluru gaya membelakang, 

Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu bola besi bulat (peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak terjauh (wikipedia). Terdapat dua macam gaya dalam tolak peluru, salah satunya ialah gaya membelakangi atau gaya O'Brien.


Gaya O’Brien ialah gaya tolak peluru yang dilakukan dengan cara membelakangi area lemparan terlebih dahulu sebelum melakukan tolakan. Pada prinsipnya, gerakan tolak peluru dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan atau tahap awalan, tahap peluncuran, dan tahap akhir atau tahap tolakan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:

Nah, pada umumnya tahap gerakan akhir atau tahap tolakan pada kedua gaya tolak peluru ini sama, karna yang membedakan antara kedua gaya tersebut adalah pada tahap awalannya saja. Adapun gerakan akhir dari tolak peluru gaya belakang ialah Dimulai dengan pemutaran kaki kanan dan lutut ke depan dan dilanjutkan dengan pelurusan kedua tungkai.

Pinggul digeser menyamping berat badan di antara kedua kaki. Bahu kiri dibuka ke depan dan bahu kanan diangkat dan diputar ke kiri, badan dibawa ke atas sedikit membusur dan gerakan ini didahului oleh gerakan putaran bagian bawah badan.

Sementara bahu dan lengan kanan mendorong peluru ke depan dan bahu kiri meneruskan gerakannya ke depan sejauh mungkin.Tolakan diselesaikan ketika bertumpu di tungkai kiri dalam keadaan lurus sambil tangan memberi dorongan terakhir pada peluru.

Pada saat ini pelempar menghentikan laju badan ke depan melalui pergantian kaki, tungkai kiri bergerak ke belakang dan tungkai kanan bergerak ke depan, berat badan dipindahkan ke tungkai kanan dan badan diturunkan ke arah bawah.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Akhir Gerakan Cara Tolak Peluru Gaya Belakang (Gaya O'Brien)"

Posting Komentar