Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Depan, Guling Belakang, dan Guling Lenting | EdukasiCenter



Bagikan:


Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Dalam perkembangannya, senam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis salah satunya ialah Senam Lantai.


Senam lantai ialah senam yang seluruh gerakannya dilakukan diatas lantai, gerakan senam lantai ini merupakan gabungan atau rangkaian dari beberapa gerakan sehingga menghasilkan gerakan yang indah. Semua gerakan dalam senam lantai bisa dikombinasikan atau dirangkaikan menjadi satu, diantaranya gerakan guling depan, guling belakang dan guling lenting.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Nah bagaimana cara merangkaiakan ketiga gerakan tersebut menjadi satu? Sebelum memulai gerakan terlebih kita memilih gerakan apa yang ditempatkan pertama, kedua, dan ketiga. Untuk itu saya akan memulai dengan gerakan guling kedepan, lalu kemudian guling belakang dan terakhir guling lenting.

Berikut ini akan dijelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling depan guling belakang dan guling lenting. Nah, pertama-tama kita melakukan guling kedepan dengan cara:

  1. Sikap awal pada gerakan berguling ke depan yaitu berjongkok. Kemudian, kedua tumit diangkat sejajar dan kedua lutut dilipat. Sementara itu, kedua tangan bertumpu sejajar di lantai, selanjutnya bungkukkan di depan lutut.
  2. Gerakannya, angkat pinggul ke atas lebih tinggi daripada bahu. Kemudian, tumit diangkat, sedangkan tungkai tetap rapat. Sementara itu, tangan bertumpu sejajar bahu, lalu dorongkan panggul ke depan sambil memasukkan kepala di antara kedua lengan, dan siku dibengkokkan ke samping sehingga tengkuk menyentuh lantai.
  3. Selanjutnya, bergulinglah ke depan mulai dengan pundak, punggung, pinggang, dan panggul. Ketika akan menyentuh lantai, kedua tangan cepat memeluk kedua lutut.
  4. Sikap akhir pada gerakan ini yaitu duduk, kemudian berjongkok. Sementara itu, kedua lengan lurus ke depan dan telapak tangan menghadap ke bawah.
Gerakan guling depan, 
Setelah melakukan gerakan guling ke depan, teman-teman langsung melakukan guling kebelakang dengan cara sebagai berikut.
  1. Sikap awal jongkok, kedua tangan dibengkokkan, telapak tangan menghadap ke atas di samping telinga, dagu dikenakan ke dada, dan badan dibulatkan.
  2. Gulingkan badan ke belakang, dimulai dari tumit, lurus menyusur ke panggul, pinggang, punggung, dan pundak.
  3. Ketika pundak menyentuh pada matras, tolak kedua kaki sehingga badan mengguling.
  4. Doronglah badan oleh kedua tangan yang berada di samping telinga sehingga kembali ke sikap jongkok.
  5. Sikap akhir jongkok.

Dan setelah melakukan guling ke belakang, teman-teman langsung berdiri dan melanjutkan melakukan gerakan guling lenting. Caranya sebagai berikut.
  1. Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan kedua lengan diangkat ke atas.
  2. Tempatkan kedua tangan sebagai tumpuan untuk melakukan gulingan ke depan.
  3. Setelah gerakan gulingan dimulai, kedua kaki lurus dan rapat. Posisikan kedua tungkai lurus ke belakang dekat kepala, siku dibengkokkan, serta telapak tangan bertumpu pada matras di samping telinga.
  4. Lakukan guling ke depan. Pada saat tungkai telah melewati kepala, tolakkan tungkai ke atas depan dan mendorong kedua tangan sehingga badan melayang seperti membuat busur.
  5. Lakukan pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan.
Gerakan guling lenting, 

Nah, itulah cara melakukan gerakan kombinasi atau rangkaian dalam olahraga senam, dimana gerakan yang kita kombinasikan ialah gerakan guling ke depan, guling ke belakang, dan guling lenting. Silahkan teman-teman mecobanya dirumah, akan tetapi dengan pengawasan dari orang lain.





Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Depan, Guling Belakang, dan Guling Lenting | EdukasiCenter"

Posting Komentar