Sikap Akhir Gerakan Guling Lenting | EdukasiCenter



Bagikan:


sikap akhir guling lenting adalah

Guling Lenting merupakan salah satu gerakan dalam senam lantai yang sering digunakan oleh pesenam, gerakan ini biasa dikombinasikan dengan gerakan lainnya sehingga menjadi suatu rangkaian gerakan yang indah.


Gerakan Guling Lenting  atau disebut juga dengan Neck Keep adalah gerakan berguling diikuti dengan melentingkan tubuh ke depan atas dengan melemparkan kedua kaki dan menolakkan kedua tangan, gerakan guling lenting ini diawali dengan sikap berdiri ataupun berbaring.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Dalam melakukan gerakan guling lenting, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar gerakan ini sukses kita lakukan, salah satunya adalah akhiran dalam gerakan ini termasuk juga bagaimana sikap akhir dari gerakan guling lenting ini.

Walaupun gerakan guling lenting dilakukan dengan awalan berdiri atau berbaring, akan tetapi sikap akhir dari gerakan ini tetap sama yaitu posisi kaki pada saat akhir gerakan lenting yang menempel satu sama lain atau tidak dilebarkan (lihat gambar diatas).

Nah, berikut ini langkah-langkah dalam melakukan gerakan guling lenting atau Neck Keep secara keseluruhan mulai dari awal hingga akhir.

  1. Berdiri dengan kedua kaki rapat dan tangan lurus keatas.
  2. Tempatkan kedua tangan sebagai tumpuan untuk melakukan gulingan ke depan.
  3. Setelah gerakan gulingan dimulai, kedua kaki lurus dan rapat. Posisikan kedua tungkai lurus ke belakang dekat kepala, siku dibengkokkan, serta telapak tangan bertumpu pada matras di samping telinga.
  4. Lakukan guling ke depan. Pada saat tungkai telah melewati kepala, tolakkan tungkai ke atas depan dan mendorong kedua tangan sehingga badan melayang seperti membuat busur.
  5. Sikap akhir guling lenting adalah: Lakukan pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan, sedangkan gerakan tangan pada sikap akhir dalam guling lenting berada di atas.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sikap Akhir Gerakan Guling Lenting | EdukasiCenter"

Posting Komentar