Sikap Akhir Gerakan Guling Depan | Edukasi Center



Bagikan:


Gerakan Guling Depan dengan Sikap Awal Berdiri, 

Senam atau gymnasics merupakan salah satu olahraga tertua yang diperlombakan pada olimpiade, bahkan Menurut sejarah bahwa olahraga senam sudah dilaksanakan sejak lama yang dilakukan orang-orang pada zaman prasejarah dan pada zaman Yunani.


Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Senam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu senam lantai, senam irama, senam aerobik, dan lain sebagainya.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Gerakan-gerakan yang indah pada senam lantai tersusun atau dikombinasikan dari gerakan satu dengan gerakan lainnya sehingga membentuk rangkaian gerakan. Salah satu gerakan yang sering kita lihat adalah gerakan guling depan. Apa yang dimaksud dengan gerakan guling depan?

Guling depan atau disebut juga dengan Forward Roll adalah gerakan badan mengguling ke depan mulai tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Cara melakukannya yaitu sikap awal Sikap jongkok atau bisa juga dengan awalan berdiri.

Adapun sikap akhir dari gerakan guling depan ini jika melakukan dengan awalan jongkok adalah diakhiri kembali dengan sikap jongkok dan tangan melekat pada tulang kering, pandangan lurus ke depan. Sedangkan jika melakukan gerakan guling depan dengan awalan berdiri sikap akhirnya adalah pada sikap berdiri badan bungkuk.

Berikut ini gerakan lengkap dari awal hingga akhir pada guling depan jika melakukan awalan jongkok dan guling depan jikan melakukan awalan berdiri.


Guling Depan dengan Sikap Awal Jongkok

Guling Depan dengan Sikap Awal Jongkok, cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  1. Sikap permulaan jongkok dengan kedua kaki rapat. Letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  2. Luruskan tungkai badan condong ke depan tangan menumpu, bahu tarik dagu ke dada, letakkan tengkuk pada lantai lebih baik gunakan matras.
  3. Gulingkan badan ke depan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul serta kaki mengikuti gerakan badan.
  4. Saat punggung mengenai lantai, bengkokkan tungkai, tarik paha ke dada tangan menolak, gerakan mengguling diteruskan hingga berakhir pada sikap jongkok, tangan melekat pada tulang kering, pandangan lurus ke depan.
Guling Depan dengan Sikap Awal Berdiri
Guling Depan dengan Sikap Awal Berdiri, cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  1. Sikap awal berdiri menghadap matras, kedua lengan diluruskan ke atas di samping telinga, pandangan menghadap ke depan.
  2. Meletakkan kedua telapak tangan pada matras, kedua lutut tetap dipertahankan lurus.
  3. Kepala dimasukkan di antara kedua lengan, kedua sikut ditekuk ke samping, dan pundak menempel matras.
  4. Saat punggung mengenai matras, tangan menolak, tungkai lurus, paha dekat dengan dada.
  5. Gerakan menggulingkan ke depan dilanjutkan dengan melemparkan tungkai ke depan diikuti tolakan tangan, tumpuan tangan di samping paha dekat pantat, badan condong ke depan dagu dekat dada berakhir pada sikap berdiri badan bungkuk.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sikap Akhir Gerakan Guling Depan | Edukasi Center"

Posting Komentar