Fungsi Utama Lengan atau Tangan Pada Lompat Kangkang (Straddle Vault) | EdukasiCenter



Bagikan:


fungsi utama lengan pada lompat kangkang
Lompat kangkang atau Straddle Vault [image by lboro.ac.uk], 
Lompat Kangkang disebut juga dengan Straddle Vault merupakan gerakan yang ada dalam senam yang dilakukan dengan cara melompati sebuah benda yang berupa Kuda Kuda Lompat. Gerakan Lompat Kangkan atau Loncat Kangkang terbagi menjadi empat bagian, yaitu awalan, tolakan, layangan, dan akhiran.

Dalam melakukan gerakan lompat kangkang, semua anggota tubuh memerankan fungsinya masing-masing untuk keberhasilan dalam melakukan lompatan. Sebab, jika salah satu anggota tubuh melakukan kesalahan maka akan mengganggu pada saat melakukan gerakan ini.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai gerakan dalam Senam Ketangkasan dibawah ini:
Salah satu anggota badan atau tubuh yang mempunyai fungsi dalam lompat kangkang ialah lengan atau tangan. Dalam gerakan lompat kangkang, lengan atau tangan mempunyai fungsi yaitu sebagai tumpuan pada saat akan melayang dan saat melayang melewati Kuda Kuda Lompat atau Peti Lompat. Jika tangan kita kuat maka kita dengan mudahnya melewati Kuda-Kuda Lompat.

Dengan tangan yang kuat akan mempermudah kita untuk mengangkat badan atau tubuh kita melewati Kuda-Kuda Lompat setelah kita melakukan tolakan pada papan tolak. Teknik tumpuan kedua telapak tangan pada kuda-kuda lompat bertujuan untuk menciptakan gerak maksimum pada layangan berikutnya. Langkah-langkah gerakan tersebut sebagai berikut.
  1. Setelah melakukan gerak menolakkan kedua kaki pada papan tolak, letakkan kedua telapak tangan pada kuda-kuda lompat/ balok lompatan.
  2. Gerak antara tolakan dan meletakkan kedua telapak tangan terdapat gerak layangan.
  3. Untuk menciptakan gerak melayang, tolakan kedua kaki harus kuat, dilanjutkan dengan mencondongkan badan sambil menjulurkan kedua lengan ke depan.
Itulah penjelasan singkat tentang apa fungsi utama lengan atau tangan dalam gerakan lompat kangkang atau Straddle Vault, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita mengenai senam khususnya pada gerakan lompat kangkang.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Fungsi Utama Lengan atau Tangan Pada Lompat Kangkang (Straddle Vault) | EdukasiCenter"

Posting Komentar