Bentuk dan Ukuran Lapangan Softball | Edukasi Center



Bagikan:


Sama halnya dengan olahraga lainnya, Softball juga dimainkan pada lapangan khusus dengan bentuk dan ukuran tersendirinya. Lapangan permainan yang hampir sama dengan lapangan softball, yaitu bisa dilihat pada lapangan permainan baseball atau pun rounders dan kasti.


Permainan softball hampir tersebar diseluruh Indonesia dan dapat ditemukan lapangan permainannya, salah satunya ialah di Jakarta. Lapangan softball di Jakarta yaitu Lapangan Soft Ball Cemara Tiga yang beralamat di jalan Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta; dan Lapangan Baseball & Softball Senayan yang beralamat di Komplek Olahraga Gelora Bung Karno (Jalan Pintu Satu Senayan), Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Bentuk Lapangan Softball


Lapangan softball memang agak jarang kita temui dan tidak tersedia disemua daerah, tidak seperti lapangan bola, lapangan basket, lapangan voli, dan lapangan olahraga lainnya. lapangan softball hanya dapat kita temui di kota-kota besar saja, itupun jumlahnya terbatas. Sebenarnya lapangan softball itu tidak terlalu besar hanya sekitar 16 meter lebih, akan tetapi peminat dari olahraga ini memang tidak terlalu banyak.

Orang-orang sering menyebut bentuk dari lapangan softball dengan diamond atau permata, sebab bentuk keseluruhan lapangan softball memang berbentuk permata, lancip dibawah dan melengkung diatas. Akan tetapi untuk lapangan utamanya yang biasa disebut dengan infield bentuknya seperti layang-layang persegi. Lapangan softball dapat dilihat pada gambar diatas.

Dari gambar diatas dapat kita lihat bentuk dari lapangan softball, bentuknya hampir sama dengan lapangan baseball yang membedakannya hanya ukurannya. Lapangan dalam atau infield berbentuk persegi yang disetiap ujungnya terdapat base untuk pemain penyerang berhenti untuk menunggu temannya memukul bola.

Ukuran Lapangan Softbaall


Salah satu aspek yang paling penting dalam permainan softball adalah lapangan, lapangan yang digunakan untuk bermain softball haruslah memenuhi persyaratan, salah satunya adalah dalam segi ukurannya. Terdapat beberapa aturan mengenai ukuran dari lapangan permainan softball. Untuk mengetahui ukuran lapangan softball, berikut ini akan kami uraikan satu per satu.

Panjang tiap sisi lapangan softball : 16,76 meter
Jarak dari Homebase ketempat pelempar : 13,07 meter
Tempat pelempar berdiri : 60 x 15 cm
Tempat hinggap atau base I, II, dan III : 38 x 38 cm
Tempat hinggap atau base IV (homebase): 42,5 – 43 x 21,5 cm
Jarak lintasan antar marka:
  • Lintasan Fast Pitch : 60 kaki (18,29 m)
  • Lintasan Slow Pitch : 60 kaki atau 65 kaki (19,81 m)
Jarak melempar (pitching) fast pitch :
  • Puteri (dewasa) : 43 kaki (13,11 m)
  • Putera (dewasa) : 46 kaki (14,02 m)
  • Puteri (Di bawah 18 tahun) : 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki
  • Putera  (Di bawah 18 tahun) : 46 kaki (14,02 m)
  • Puteri (Di bawah 15 tahun) : 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki
  • Putera (Di bawah 15 tahun) : 46 kaki (14,02 m)
Jarak melempar (pitching) slow pitch :
  • Puteri (dewasa) : 50 kaki (15,24 m)
  • Putera (dewasa) : 50 kaki (15,24 m)
  • Puteri (univ) (dewasa) : 50 kaki (15,24 m)
  • Puteri (Di bawah 18 tahun) : 50 kaki (15,24 m)
  • Putera  (Di bawah 18 tahun) : 46 kaki (14,02 m)
  • Puteri (Di bawah 15 tahun) : 50 kaki (15,24 m)
  • Putera (Di bawah 15 tahun) : 46 kaki (14,02 m)

Bagian-Bagian Lapangan Softball


Lapangan softball terdiri dari dua bagian yaitu infield atau lapangan dalam dan outfield atau lapangan dalam, permainan softball dimainkan pada lapangan dalam yang berbentuk segi empat dimana pada infield terdapat base satu, base dua, dan base tiga. Pada infield juga terletak pitcher plate yaitu tempat seorang pitcher melemparkan bola ke batter atau pemukul.

Outfiled atau lapangan luar tidak begitu penting akan tetapi terdapat pemain yang menjaganya untuk menangkap bola pukulan yang mengarah jauh ke outfield. Untuk lebih jelasnya, berikut ini gambar lapangan softball beserta keterangan lengkapnya.

Dari gambar tersebut kita dapat melihat bagian-bagian yang ada pada lapangan softball. Pada lapangan dalam atau outfild dibagi menjadi tiga yaitu left field, center field, dan right field, dimana ketiga lapangan tersebut dijaga oleh tiga pemain.

Pada lapangan dalam dapat kita lihat base satu, base, dua, base tiga, pitcher plate, home plate, kotak catcher, dan better box atau kotak pemukul. Selain itu pada sisi lapangan terdapat pula kotak pelatih serta garis batas.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk dan Ukuran Lapangan Softball | Edukasi Center"

Posting Komentar