Teknik Awal Tolak Peluru Gaya Belakang atau Gaya O'brien



Bagikan:


Teknik awal tolak peluru gaya belakang [image by sports.yahoo.com] ~ 

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Untuk olahraga tolak peluru masuk ke kelompok olahraga lempar akan tetapi sebutannya bukan lempar akan tetapi tolak.


Hal ini disebabkan bahwa dalam melakukan gerakan tolak peluru, peluru yang berbentuk bola terbuat dari logam tersebut tidak dilempar, akan tetapi ditolak. Oiya tolak peluru dipertandingkan pada lapangan khusus berbentuk kerucut, lapangan tolak peluru ini hampir sama dengan lapangan yg digunakan pada kelompok olahraga lempar lainnya.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:

Berdasarkan gerak awalnya, olahraga tolak peluru ini dapat dibedakan menjadi dua jenis gaya yaitu gaya menyamping dan gaya membelakang atau o'brien. Gaya O’Brien ialah gaya tolak peluru yang dilakukan dengan cara membelakangi area lemparan terlebih dahulu sebelum melakukan tolakan.

Perlu diketahui bahwa, teknik atau gerak awalan pada tolak peluru merupakan salah satu penentu dari keberhasilan tolakan yg dilakukan. Lalu bagaimana teknik awal tolak peluru gaya belakang? Pertama-tama Mengambil posisi dengan membelakangi arah daerah lemparan dan berat badan berada di atas tungkai kanan.

Sambil merendahkan badan, angkatlah tumit dari tungkai penopang, sementara tungkai belakang diangkat sedikit ke belakang atas. Selanjutnya tekuklah segera tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan.

Dalam setiap pertandingan tolak peluru, para atlit tolak peluru bebas untuk menggunakan gaya tolak peluru yang menjadi andalannya, apakah menggunakan gaya menyamping atau menggunakan gaya membelakang. Untuk mengoptimalkan gerakan, sebaiknya atlit fokus dengan satu gaya yang selalu dilatih agar mengahsilkan hasil yg baik.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Awal Tolak Peluru Gaya Belakang atau Gaya O'brien"

Posting Komentar