Teknik Awal Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Gaya Ortodock



Bagikan:


Teknik awal tolak peluru gaya menyamping [image by sportsaspire.com] ~ 
Seperti yang telah kita ketahui bahwa olahraga tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga yang ada dalam Atletik, olahraga ini masuk dalam kelompok olahaga lempar walaupun cara melepas peluru tidak dengan dilempar, melainkan ditolak.

Tolak peluru dilakukan pada lapangan khusus dengan ukuran-ukuran tertentu yang telah diatur oleh asosiasi atletik dunia (Baca: ukuran lapangan tolak peluru), adapun lapangan tolak peluru mempunyai bentuk kerucut, sedangkan tempat atlit untuk menolak berbentuk lingkaran (Baca: bentuk lapangan tolak peluru).

Terdapat dua gaya yang biasa digunakan oleh atlit tolak peluru dalam melakukan gerakan tolak peluru, salah satunya ialah gaya menyamping atau gaya ortodock. Gaya menyamping ialah gaya tolak peluru yang dilakukan dengan cara menyampingi area lemparan terlebih dahulu sebelum melakukan tolakan.

Adapun teknik awalan tolak peluru gaya menyamping yaitu dengan berdiri menyamping dengan sektor tolakan berada di sektor kiri tubuhnya, lutut kaki kanan ditekuk, sedangkan kaki kiri diluruskan ke belakang. Berat badan berada pada kaki kanan dengan pandangan mata ke depan.

Salah satu faktor keberhasilan dalam melakukan tolak peluru ialah dengan melakukan awalan yang baik, dengan awalan yang baik maka gerakan selanjutnya akan lebih maksimal lagi dilakukan. Maka dari itu seorang atlit tolak peluru harus fokus dengan satu gaya yang dilakukan.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Awal Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Gaya Ortodock"

Posting Komentar