Kombinasi Gerakan Headstand dan Handstand | EdukasiCenter



Bagikan:


Kombinasi Gerakan Headstand dan Handstand

Gerakan dasar dalam senam lantai bermacam-macam dan gerakan-gerakan tersebut dapat dikombinasikan atau dirangkaikan menjadi sebuah gerakan. Gerakan dasar seperti headstand atau biasa juga disebut dengan kopstand dapat dikombinasikan dengan gerakan lainnya seperti gerakan handstand.


Gerakan headstand atau kopstand merupakan gerakan dalam senam lantai dengan berdiri dengan kepala dengan bantuan tangan, sedangkan gerakan handstand merupakan gerakan dalam senam lantai yaitu dengan gerakan berdiri dengan kedua tangan. Adapun cara untuk mengkombinasikan atau merangkaikan kedua gerakan ini yaitu.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Pertama teman-teman melakukan gerakan berdiri dengan kepala atau headstand, caranya langkah awal bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di matras; kemudian letakkan pula dahi di matras di antara kedua tangan; letakkan kedua tangan dan dahi membentuk segitiga sama sisi; Angkat pinggul ke atas, badan tegak lurus pada matras; Luruskan kaki ke atas, jaga keseimbangan.

Masih dalam keadaan headstand, teman -teman luruskan tangan sehingga kepala terangkat dan hanya kedua tangan yang menahan berat badan.  Jaga keseimbangan dan pertahankan badan beberapa saat, setelah beberapa saat turunkan salah satu kaki dan diikuti oleh kaki yang satunya. Kembali ke posisi berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan dan pandangan tetap ke depan.

Nah, itulah gerakan kombinasi headstand dan gerakan handstand yang dapat teman-teman lakukan. Untuk keamanan, minta tolonglah kepada teman untuk membantu pada saat mengawai gerakan ini untuk menghindari terjadinya cedera.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Kombinasi Gerakan Headstand dan Handstand | EdukasiCenter"