Latihan Lempar Lembing Tanpa Awalan dan Dengan Awalan



Bagikan:


Olahraga lempar lembing [Image by inforingankita.blogspot.com], 

Lempar lembing merupakan nomor lempar yang dilombakan dalam cabang olahraga atletik. Perlombaan lempar lembing dilakukan di lapangan terbuka dengan menggunakan lembing. Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk menguasai olahraga ini diantaranya adalah latihan lempar lembing tanpa awalan dan dengan awalan. Berikut ini cara-cara melakukan latihan tersebut.


1. Gerakan melempar tanpa awalan

Dari sikap berdiri, melatih gerakan lengan terakhir dengan menghujamkan lembing ke tanah. Mulai dengan lembing berada di atas bahu kanan dan lempar/tancapkan di tanah sejauh 5 – 8 meter di depan pelempar dengan tarikan dari bahu kemudian lengan diluruskan.

Baca juga informasi menarik lainnya mengenai olahraga lempar lembing dibawah ini:
2. Gerakan melempar dengan satu langkah

Dari sikap berdiri dengan kaki rapat, melangkah ke depan dengan kaki kiri, putarlah bahu ke kanan untuk menarik lembing lewat atas bahu kanan.

3. Gerakan melempar dengan dua langkah

Dari sikap berdiri dengan lembing di belakang, langkahkan kaki kanan ke depan kemudian gerakkan kaki kiri dengan cepat untuk membentuk langkah lempar yang panjang de-ngan kecondongan badan ke belakang, lemparkan lembing lewat atas bahu dengan kaki kiri yang tertahan.

4. Gerakan mengkoordinasikan lima langkah terakhir dan melempar

Dimulai dengan gerakan berjalan pelan kemudian mencoba lari kecil atau jogging, akhirnya melakukan lari awalan dilanjutkan dengan melempar.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Lempar Lembing Tanpa Awalan dan Dengan Awalan"

Posting Komentar