Cara Pelaksanaan Lempar Lembing Dengan Gaya Jingkat



Bagikan:


Olahraga lempar lembing [Image by inforingankita.blogspot.com], 

Lempar lembing gaya jingkat merupakan salah satu gaya yang ada pada olahraga lempar lembing. Cara pelaksanaan lempar lembing dengan gaya jingkat adalah sebagai berikut.


  1. Berdiri menghadap arah lemparan, lembing dipegang dan diangkat setinggi telinga dengan siku tertekuk, mata lembing serong ke atas.
  2. Lakukan awalan lari dengan cepat ke arah lemparan, pada saat kaki kanan sampai pada tanda yang telah ditentukan, tangan kanan meluruskan lembing ke belakang bawah, kemudian pada saat kaki kiri melangkah dan mendarat, mulai dari kaki kanan melakukan jingkat dengan langkah lebar sambil menarik badan ke samping. Gerakan jingkat ini dilakukan lebih kurang 2-4 langkah. Selanjutnya dengan didahului tekukan siku, tangan kanan mendorong lembing ke depan serong ke atas lewat di atas bahu, kepala sampai lengan kanan lurus untuk siap melempar lembing sambil diikuti badan condong ke depan dan berat badan berada pada kaki kiri.
  3. Langkahkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ditarik ke belakang badan, sikap kaki kiri tergantung rileks di belakang badan.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Pelaksanaan Lempar Lembing Dengan Gaya Jingkat"

Posting Komentar