Teknik Dasar Memegang dan Membawa Lembing Dalam Lempar Lembing



Bagikan:


Olahraga lempar lembing [Image by inforingankita.blogspot.com], 

Lempar lembing merupakan nomor lempar yang dilombakan dalam cabang olahraga atletik. Perlombaan lempar lembing dilakukan di lapangan terbuka dengan menggunakan lembing, Salah satu syarat terpenting yang mempengaruhi keberhasilan dalam melempar lembing adalah cara memegang lembing itu sendiri.


Ada tiga macam cara memegang lembing, sebagai berikut.
1. Pegangan cara AmerikaCara ini adalah antara jari telunjuk dan ibu jari berada tepat di belakang lilitan tali pegangan lembing.
Baca juga informasi menarik lainnya mengenai olahraga lempar lembing dibawah ini:
2. Pegangan cara FinlandiaCara ini adalah antara jari tengah dan ibu jari berada tepat di belakang lilitan tali pegangan lembing, sedangkan letak jari telunjuk lurus ke belakang di bawah lembing.
3. Pegangan cara menjepit (tang)Telunjuk dan jari tengah menjepit lembing tepat di belakang pegangan (balutan). Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh atlet lempar lembing selain teknik memegang lembing adalah teknik membawa lembing. Ada dua macam cara dalam teknik membawa lembing, cara tersebut adalah sebagai berikut.
  • Lembing dibawa setinggi telinga, mata lembing mengarah ke bawah.
  • Lembing dibawa setinggi telinga, mata lembing mengarah ke atas.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Memegang dan Membawa Lembing Dalam Lempar Lembing"

Posting Komentar