Cara Melakukan Gerakan Kombinasi Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok | EdukasiCenter



Bagikan:


Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Pada umumnya, senam dapat dibedakan menjadi empat yaitu senam lantai, senam ketangkasan, senam irama, dan senam aerobik.

Jika diperhatikan gerakan-gerakan senam merupakan perpaduan atau penggabungan antara gerakan-gerakan dasar dalam senam, hal ini dapat kita lihat pada senam lantai bergitu pula dengan senam ketangkasan. Beberapa gerakan dalam senam yang dapat dikombinasikan ialah gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai gerakan dalam Senam Ketangkasan dibawah ini:
Gerakan lompat kangkang adalah gerakan dengan bentuk meloncat melewati rintangan dan pada saat badan sedang melayang di atas kuda-kuda tangan direntangkan, kedua tungkai lurus dan direntangkan untuk dapat lewat samping kanan dan kiri alat bantu.

Sedangkan Gerakan lompat jongkok (squat vault) adalah gerakan melompat melewati rintangan, yang dalam hal ini adalah alat bantu berupa kuda lompat. Kedua gerakan ini menggunakan alat yang sama yaitu kuda-kuda lompat atau biasa juga dengan alat peti lompat.

Adapun cara mengkombinasikan antara gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok ialah, tapi terlebih dahulu kita memerlukan dua alat kuda-kuda lompat atau peti lompat, susunlah secara memanjang. Nah, pertama-tama kita melakukan gerakan lompat kangkang terlebih dahulu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Sambil mengangkat panggul, ayunkan tungkai tinggi di atas garis horizontal sehingga pada saat tangan bertumpu pada peti lompat, badan merupakan satu garis lurus membentuk sudut 20o - 30o dengan garis horizontal.
  2. Setelah posisi badan lurus, segera tekuk panggul dan buka kaki. Bersamaan dengan itu, tolakkan tangan dengan kuat pada peti lompat.
  3. Angkat dada dan lewatkan kedua kaki dari peti lompat.
  4. Begitu kaki melewati peti lompat, luruskan badan, dan angkatlah lengan ke atas.
  5. Mendaratlah dengan menekuk lutut dan condongkan badan sedikit ke depan dengan menekuk panggul.
Setelah melakukan gerakan lompat kangkang, langsung dilanjutkan dengan melakukan gerakan lompat jongkok dengan diawali dengan awalan berlari beberapa langkah. Adapun langkah-langkah melakukan lompat jongkok adalah sebagai berikut:
  1. Awalan dilakukan dengan lari secepat mungkin dan badan condong ke depan.
  2. Kedua kaki menolak pada papan tolakan disertai ayunan lengan ke atas, badan melayang tangan menumpu pada pangkal peti, lengan lurus, pandangan ke depan tangan.
  3. Segera kedua tangan menolak dengan sekuat tenaga, lutut dilipat ke dada, luruskan tungkai saat berada di atas bagian ujung peti.
  4. Mendarat dengan ujung kaki, lutut mengeper, lengan direntangkan ke atas.
Kedua gerakan ini juga dapat dikombinasikan dengan gerakan lainnya, yaitu dengan gerakan guling kedepan, gerakan guling kebelakang, gerakan meroda, gerakan salto, dan lain sebagainya.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan Kombinasi Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok | EdukasiCenter"

Posting Komentar