Posisi Badan Saat Akan Melakukan Blocking Pada Bola Voli



Bagikan:


Teknik blocking bola voli [image by news.metrotvnews.com], 

Bola voli merupakan permainan atau olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat, pada prinsipnya permainan ini dimainkan oleh enam (6) orang dengan cara memainkan bola menggunakan tangan dengan sentuhan tiga kali oleh pemain yang berbeda.


Dalam teknik bertahan, pemain pada sebuah tim bola voli mengandalkan teknik blocking atau membendung, teknik ini ditujukan untuk mematahkan serangan lawan yang menggunakan teknik smash atau spike yang sangat keras.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Bendungan atau blocking adalah salah satu upaya untuk menahan serangan lawan, dengan harapan untuk memperoleh nilai. Blocking yang baik di samping dapat menahan serangan lawan juga sekaligus mematikan serangan lawan untuk memperoleh nilai.

Teknik blocking atau membendung dapat dilakukan oleh 2 orang, 3 orang, dan 4 orang tergantung dari kuat atau tidaknya serangan dari lawan. Pemain yang biasa melakukan block pada permainan bola voli biasa disebut dengan Blocker.

Dalam melakukan blocking terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yang pertama ialah tahap persiapan atau tahap awal. Pada tahap awal atau tahap persiapan pemain yang akan melakukan blocking posisi badannya berdiri menghadap ke jaring atau net, kedua kaki terbuka kira-kira selebar bahu. Lutut ditekuk atau direndahkan.

Kemudian kedua tangan siap didepan dada dengan telapak tangan menghadap net atau jaring, serta pandangan mengawasi jalannya bola dan memperhatikan lawan yang akan melakukan pukulan bola. Pada tahap awal ini pemain harus pintar melihat arah bola serta pemain mana yang akan melakukan smash.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Posisi Badan Saat Akan Melakukan Blocking Pada Bola Voli"

Posting Komentar