Fungsi Gerakan Lengan dan Gerakan Kaki Dalam Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Ilustrasi renang [image by berenang.id], 
Renang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan didalam air, olahraga ini selalu diperlombakan pada event-event olahraga internasional misalnya olympiade, asian games, sea games, dan lainnya. Dalam renang dikenal beberapa gaya, salah satunya ialah gaya bebas.

Gaya bebas dalam olahraga renang merupakan gaya renang yang dilakukan perenang selain dari gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Gaya bebas menyerupai cara berenang seekor binatang. Oleh sebab itu, disebut juga dengan crawl yang artinya merangkak.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini
Koordinasi gerakan tubuh pada renang gaya bebas khususnya pada lengan dan kaki, sangatlah penting untuk menentukan kecepatan saat kita berenang. Dalam renang gaya gaya bebas fungsi kaki yang utama adalah sebagai stabilisator dan sebagai alat untuk menjadikan kaki tetap tinggi dalam keadaan streamline, sehingga tekanan menjadi kecil.

Pada renang gaya bebas, kita kenal adanya 4 macam tendangan kaki, yaitu 2 kali tendangan kaki dalam satu kali putaran lengan, 4 kali tendangan kaki dalam satu kali putaran lengan, 6 kali tendangan kaki dalam satu kali putaran lengan, dan 8 kali tendangan kaki dalam satu kali putaran lengan.

Sementara itu gerakan lengan ini merupakan pendorong utama dalam renang gaya bebas, oleh sebab itu gerakan lengan ini harus betul-betul dipakai dan dapat dilaksanakan secara benar. Gerakan lengan pada renang gaya bebas terdiri atas dua gerakan, yaitu gerakan rekaveri dan gerakan mendayung.

Gerakan rekaveri yaitu gerakan lengan selama di luar air, yaitu memindahkan telapak tangan dari saat keluar dari air untuk dibawa ke depan kepala dan masuk ke dalam air. Gerakan mendayung yang terdiri atas gerakan tarikan (pull) dan gerakan dorongan (push).


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Fungsi Gerakan Lengan dan Gerakan Kaki Dalam Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar