Sekilas Tentang Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Renang Gaya Bebas [Image by vmr16.blogspot.com], 
Renang adalah jenis olahraga yang dilakukan di air. Olahraga ini dapat dilakukan oleh anak-anak, remaja, ataupun orang tua (laki-laki ataupun perempuan). Renang sangat berguna sebagai alat pendidikan, rekreasi yang sehat, menanamkan keberanian, menghilangkan pengaruh buruk, dan terapi khususnya untuk penyakit pernapasan (asma).

Olahraga yang melibatkan hampir semua otot tubuh adalah renang, sehingga renang sangat baik bagi kesehatan. Dengan berenang otot-otot tubuh kita lebih terlatih, selain itu juga untuk melatih pernapasan. Renang dapat pula berpengaruh terhadap perkembangan psikologi (kejiwaan) seseorang.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini
Dari aspek psikologis, berenang bagi siswa memiliki nilai yang khas dan luas cakupannya, yaitu memupuk keberanian dan perasaan mampu serta percaya diri, di samping itu dapat juga membangkitkan suasana kegembiraan yang tidak dijumpai dalam aktivitas jasmani lainnya.

Gaya renang ada empat macam, yaitu gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Gaya bebas (crawl) merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh seseorang melaju lebih cepat di air, dibandingkan gaya berenang lainnya.

Tidak seperti halnya gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, FINA sebagai federasi renang internasional, tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas. Kombinasi yang tepat antara gerakan kaki, gerakan tangan, dan pengambilan napas yang tepat dalam berenang gaya bebas membuat kalian meluncur cepat di dalam air.

Gaya bebas adalah gaya renang yang dilakukan perenang selain dari gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Gaya bebas menyerupai cara berenang seekor binatang. Oleh sebab itu, disebut juga dengan crawl yang artinya merangkak.


Gerakan asli dari gaya ini adalah menirukan gerakan dari anjing yang sedang berenang atau dikenal dengan renang gaya anjing (dogstyle). Gaya bebas disebut juga gaya rimau, yang berasal dari kata harimau. Gerakan gaya bebas pertama-tama dilakukan oleh Crawl Australia, yaitu yang dilakukan dengan dua kali gerakan lengan dan disertai dua kali gerakan kaki.

Kemudian berkembang sesuai dengan penemuan-penemuan baru dalam ilmu pengetahuan. Teknik teknik renang gaya bebas dibagi menjadi empat bagian, yaitu teknik gerakan kaki, teknik gerakan lengan, teknik pengambilan napas, dan teknik koordinasi gerakan.

Sumber pustaka :
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sekilas Tentang Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar