Gerakan Kombinasi Lompat Jongkok dan Mengguling di Atas Peti Lompat | EdukasiCenter



Bagikan:


Ilustrasi gerakan lompat jongkok dan mengguling diatas peti lompat, 
Dalam senam ketangkasan, kita juga dapat melakukan rangkaian kombinasi antara gerakan satu dengan gerakan lainnya. Sebagai contoh pada gerakan lompat jongkok dan mengguling diatas peti lompat. Jika teman-teman sudah menguasai kedua gerakan tersebut, teman-teman dapat melakukan gerakan kombinasinya.

Lompat jongkok adalah jenis lompatan mendasar. Untuk melakukan lompat jongkok diperlukan tolakan kedua kaki dan dorongan kedua tangan pada peti lompat. Gerakan mengguling (rolling) di atas peti lompat merupakan gerakan yang kompleks, karena selain melibatkan kemampuan keseimbangan, juga memerlukan kekuatan dan keberanian.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai gerakan dalam Senam Ketangkasan dibawah ini:
Dalam melakukan rangkaian gerakan tersebut diperlukan dua peti lompat yang dipisahkan pada jarak tertentu. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.
  1. Lakukan lari cepat sebagai ancang-ancang, dengan posisi badan condong ke depan.
  2. Lakukan tolakan kaki yang disertai ayunan lengan ke atas, posisi badan melayang, kedua tangan menumpu pada pangkal peti lompat pertama.


  3. Kedua tangan melakukan tolakan sekuat tenaga, sementara lutut dilipat ke arah dada. Lanjutkan dengan mengangkat kedua lengan ke atas dan ke depan.
  4. Luruskan badan menjelang pendaratan, dan diakhiri dengan mendarat pada ujung kaki dan mengeper.
  5. Setelah mendarat, teruskan melakukan lari cepat kedua sebagai awalan.
  6. Lakukan tolakan dengan kedua kaki, lalu jangkaulah peti lompat kedua dengan kedua lengan, dan letakkan kedua tangan di atasnya.
  7. Lakukan guling ke depan dengan cepat melalui dorongan kedua tangan dan kaki.
  8. Mendaratlah pada ujung kaki, mengeper, dan lengan lurus ke atas.
Sumber referensi: Penjasorkes Untuk SMA/MA kelas XII/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gerakan Kombinasi Lompat Jongkok dan Mengguling di Atas Peti Lompat | EdukasiCenter"

Posting Komentar