Sejarah Singkat Olahraga Senam Lantai



Bagikan:


Sejarah singkat olahraga senam lantai [image by techblogbiz.blogspot.com],

Menurut sejarah bahwa olahraga senam sudah dilaksanakan sejak lama yang dilakukan orang-orang pada zaman prasejarah dan pada zaman Yunani. Istilah senam diambil dari kata “Gymnastick” yang artinya telanjank atau setengah telanjank.


Sejak itu olahraga senam menunjukkan perkembangan yang cukup baik sampai sekarang. Menurut pandangan modern olahraga senam mempunyai unsur pembentukan tubuh yang mengarah pada perkembangan dan pertumbuhan pribadi, baik secara fisik maupun mental.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Mengingat senam mempunyai fungsi yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik, dan mental, maka olahraga senam ini diajarkan kepada siswa melalui pelajaran pendidikan Jasmanidan Kesehatan di sekolah.

Untuk yang pertama kali olahraga senam dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah di Jerman oleh seorang pakar senam bernama Johann Basedau pada tahun 1723. Sejak itu, olahraga senam berkembang pesat sampai sekarang. Bahkan, telah menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan di olimpiade.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Sejarah Singkat Olahraga Senam Lantai"

  1. salam hangat dari ane, mau tanya ni gan perbedaan masalah pakaian olahraga adidas dan pakaian olahraga nike itu apa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya tidak ada gan perbedaannya., cuma beda di merek sama modelnya doang.,kalo kualitasnya sama2 bagus... terima kasih gan atas kunjungannya....

      Hapus