Bentuk dan Contoh Latihan Kecepatan



Bagikan:


Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berturut-turut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Untuk mendapatkan kecepatan yang baik, perlu melakukan latihan-latihan kecepatan. Terdapat bentuk-bentuk latihan kecepatan yang bisa dilakukan, yaitu kecepatan sprint (sprinter speed), kecepatan reaksi (reaction speed), dan kecepatan bergerak (speed of movement).
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
1. Kecepatan sprint (sprinting speed)
Sprint [image by teachpe.com], 
Kecepatan sprint adalah kemampuan seseorang bergerak ke depan dengan kekuatan dan kecepatan maksimal untuk mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Cara pengembangan kecepatan spint dapat dilakukan dengan interval running dengan volume beban latihan 5 – 10 kali giliran lari, jarak 30-80 meter, intensitas latihan lari 80% - 100%.

2. Kecepatan reaksi (reaction speed)
Reaksi [image by berbagaireviews.com], 
Kecepatan reaksi adalah kemampuan seseorang untuk menjawab rangsangan secepat mungkin dalam mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Hampir semua cabang olahraga memerlukan kecepatan-kecepatan reaksi di dalam pertandingan. Untuk mengembangkan kecepatan reaksi dapat dilakukan dengan metode pertandingan. Guna mencapai waktu yang secepat-cepatnya dalam mereaksi suatu rangsangan.

3. Kecepatan bergerak (speed of movement)
Gerak [image by dvidshub.net], 
Kecepatan bergerak adalah kemampuan seseorang untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus, seperti gerakan melompat, melempar, dan salto. Tiap cabang olahraga memerlukan jenis kecepatan yang berlainan persentasenya.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk dan Contoh Latihan Kecepatan"

Posting Komentar