Bentuk Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung



Bagikan:


Latihan kekuatan otot punggung [image by programfitnes.com] - 
Latihan kekuatan otot punggung termasuk kedalam latihan daya tahan anggota badan bagian atas, latihan lainnya yang termasuk kedalam latihan daya tahan anggota badan bagian atas adalah latihan kekuatan daya tahan otot lengan dan bahu, serta latihan kekuatan daya tahan otot perut.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapat jika mempunyai oto punggung yang kuat, yaitu dengan punggung yang kuat akan mempermudah kita saat berjalan, mengangkat barang, menggendong, serta naik turun tangga. Dengan banyaknya manfaat dari punggung yang kuat tersebut maka sangatlah penting bagi kita untuk melatih agar tetap kuat.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
Ada beberapa cara untuk melatih kekuatan otot punggung kita, diantaranya adalah latihan back up, latihan mendorong kedua lengan, dan latihan back lift. Adapun cara melakukan ketiga bentuk latihan untuk kekuatan otot punggung tersebut adalah sebagai berikut.


Bentuk latihan untuk kekuatan otot punggung dengan latihan back up

Cara melakukan:
Mula-mula tidur telungkup, kaki rapat dan kedua tangan berpegangan di belakang kepala. Angkatlah badan sehingga dada tidak menyentuh ke lantai tetapi perut sampai kaki tetap menyentuh lantai. Agar posisi kaki tetap menyentuh lantai (tidak bergerak) maka pergelangan kaki bisa dipegang oleh teman.

Bentuk latihan untuk kekuatan otot punggung dengan latihan mendorong kedua lengan

Cara melakukan:
Mendorong kedua lengan dari sikap telungkup hingga punggung melenting ke belakang dan gerakan lengan turun naik. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali.

Bentuk latihan untuk kekuatan otot punggung dengan latihan back lift

Cara melakukan:
  1. Sikap awal tidur telungkup, kaki rapat dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala.
  2. Angkat badan hingga dada tidak menyentuh lantai, sedangkan kedua kaki tetap pada posisi semula.
  3. Gerakan tersebut dilakukan berulang-ulang selama 30 detik kemudian diulang lagi sesuai kemampuan, semakin lama makin tambah ulangannya.
Itulah beberapa bentuk latihan untuk kekuatan otot punggung, sebenarnya masih banyak lagi bentuk latihan lain untuk melatih kekuatan otot punggung akan tetapi untuk kali ini cukup tiga saja. Dengan mempunyai otot punggung yang kuat akan memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Latihan Untuk Melatih Kekuatan Otot Punggung"

Posting Komentar