Bentuk Bentuk Latihan Untuk Melatih Kecepatan



Bagikan:


Bentuk latihan untuk melatih kecepatan [image by jawapos.com] - 
Selain meningkatkan kebugaran dengan melakukan latihan kekuatan, kita juga dapat meningkatkan kebugaran badan dengan melakukan latihan kecepatan. Kecepatan dapat juga disamakan dengan kelincahan karena dapat melakukan sebuah gerakan dengan cepat.

Pada beberapa jenis olahraga yang memerlukan tingkat kecepatan yang tinggi, latihan kecepatan sangat perlu untuk dilakukan setiap hari. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan seseorang, yaitu keturunan, waktu reaksi, kemampuan untuk menahan tahanan luar, teknik, konsentrasi dan kemauan, dan elastisasi otot.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
Pada umumnya kecepatan itu dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu kecepatan sprint, kecepatan reaksi, dan kecepatan bergerak. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk melatih kecepatan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. (sumber tertera)
  1. Latihan percepatan
  2. Lari menaiki tangga atau bukit
  3. Lari menuruni tangga atau bukit
  4. Latihan kecepatan reaksi (permainan hijau-hitam)
  5. Lari cepat (sprint training) dengan jarak 40-60 meter. Lari cepat dapat dilakukan dengan sikap badan tegak dan lari di tempat di belakang garis start. Percepatlah lari di tempat sambil mengangkat tangan tinggi-tinggi. Setelah aba-aba dibunyikan, berlarilah secepat-cepatnya.
Itulah beberapa bentuk latihan untuk melatih kecepatan kita, melatih kecepatan juga dapat membuat badan kita terlihat bugar karena dengan memiliki kecepatan badan kita terasa ringan. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Salam sehat

Sumber : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Bentuk Latihan Untuk Melatih Kecepatan"

Posting Komentar