Cara Melakukan Teknik Blocking Ganda Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Teknik blocking ganda [image by jawapos.com], 

Bendungan (block) merupakan pertahanan lapisan pertama dalam menghadapi serangan lawan. Tujuan blocking adalah untuk menutup sebagian lapangan permainan sendiri dari tim lawan.


Blocking yang berhasil adalah bola smash tim lawan berhasil diblok dan memantul kembali ke lapangan lawan, atau bola blocking memantul ke atas ke arah bidang permainan sendiri, atau tim lawan mengarahkan bola serangannya ke arah pemain lawannya yang berada dalam posisi bertahan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Ada beberapa teknik melakukan blocking yang sering digunakan dalam bola voli, salah satunya ialah teknik blocking ganda. Blocking ganda dilakukan oleh dua orang pemain. Akibatnya, daerah block semakin lebar sehingga daerah yang tersisa yang harus dijaga pemain bertahan semakin kecil.

Cara melakukan blocking ganda sama seperti blocking tunggal. Yang membedakan hanya jumlah pemain yang melakukannya. Berikut ini tahap-tahap melakukan blocking ganda.

1. Persiapan

Tahapan persiapan untuk melakukan blok ganda sama seperti ketika melakukan blok tunggal. Perbedaannya, karena blocking dilakukan oleh 2 pemain, ketika block dilakukan di sisi lapangan, pemain yang berada pada posisi tersebut bersiap melakukan blok, kemudian pemain di posisi tengah bergabung dengan pemain tersebut. Ketika bergerak, pemain tengah tersebut harus memerhatikan pemain lain yang bersiap melakukan blocking.

2. Pelaksanaan

Sama halnya seperti tahap persiapan, tahap pelaksanaan juga sama dengan cara melakukan blok tunggal. Hanya saja, ketika melakukan loncatan dilakukan secara bersamaan dengan blocker yang lain. Kekompakan kedua blocker sangat memengaruhi keberhasilan blocking. Selain kekompakan, teknik pendaratan yang benar juga penting untuk diperhatikan demi faktor keselamatan, untuk menghindari kemungkinan cedera kaki.

3. Gerakan lanjutan

Gerakan lanjutan yang harus dilakukan masing-masing pemain ketika melakukan blok ganda sama seperti melakukan blok tunggal, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekuklah lutut untuk meredam pendaratan.
  • Berpalinglah dari net dengan cepat untuk mengetahui posisi bola.
  • Kembali ke posisi semula dan bersiap meneruskan permainan.
Sumber referensi: Penjasorkes Untuk SMA/MA kelas XII/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Blocking Ganda Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar