Peraturan Perlombaan Tolak Peluru Gaya Membelakangi (O’Brien)



Bagikan:


Tolak Peluru Gaya Membelakangi (O’Brien) [pinterest.com], 

Meskipun tolak peluru termasuk nomor lempar, namun istilah yang digunakan bukan lempar peluru, tetapi tolak peluru. Penggunaan istilah tersebut disesuaikan dengan peraturan cara melepaskan peluru, yaitu dengan cara didorong atau ditolakkan, istilah dalam bahasa Inggris adalah the short put.


Ada dua macam gaya yang sering digunakan yaitu gaya lama atau menyamping atau ortodoks dan gaya baru atau membelakangi atau Perry O ‘ Brien. Ada beberapa peraturan dalam perlombaan tolak peluru yang harus dipatuhi oleh semua atlet tolak peluru, daan jika dilanggar akan diberikan sangsi. Adapun peraturan dalam perlombaan tolak peluru adalah sebagai berikut.

  • Peserta masuk dan keluar lingkaran harus melewati belakang garis tengah.
  • Seorang peserta harus memulai tolakannya dari sikap/posisi diam di tempat di dalam lingkaran tolak.
  • Peluru harus didorong dari pundak dengan menggunakan satu tangan saja.
  • Pelempar dibenarkan menyentuh bagian permukaan dalam dari lingkaran besi dan balok penahan.
  • Tolakan salah hasilnya tidak diukur, misalnya peluru jatuh di luar sektor lingkaran, menyentuh tanah di luar lingkaran tolak dengan bagian tubuhnya, atau menyentuh bagian atas dari lingkaran besi, bagian atas balok penahan.
  • Pengukuran tiap tolakan segera dilakukan, setelah tolakan terjadi. Dari bekas peluru terdekat ke tengah lingkaran tolak dan dibaca pada garis batas tolakan atau lingkaran tolakan.
  • Bila terdapat peserta lebih dari 8 orang, tiap peserta berhak melakukan tolakan 3 kali. Dari 8 peserta yang hasil lemparannya terbaik diberikan tambahan hak melakukan tolakan 3 kali lagi.
  • Bila peserta ada 8 orang atau kurang, tiap peserta berhak melakukan tolakan 6 kali.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Perlombaan Tolak Peluru Gaya Membelakangi (O’Brien)"

Posting Komentar