Teknik memegang cakram dan Teknik melakukan awalan Dalam Olahraga Lempar Cakram | Edukasi Center



Bagikan:


Ilustrasi teknik memegang cakram, 

Lempar cakram merupakan nomor lempar yang dilombakan dalam cabang olahraga atletik. Perlombaan lempar cakram dilakukan di lapangan terbuka dengan menggunakan cakram. Untuk dapat melakukan Lempar Cakram Awalan Menyamping dengan baik dan benar, teknik-teknik lempar cakram yang harus dikuasai diantaranya adalah Teknik memegang cakram dan Teknik melakukan awalan.


1. Teknik memegang cakram
Ada dua macam cara memegang cakram, yaitu:
  • Cakram dipegang dengan empat jari terbuka, ruas-ruas ibu jari menekuk menutupi pinggiran cakram, sedangkan ibu jari letaknya bebas pada cakram.
  • Cakram dipegang dengan empat jari, jari telunjuk dan tengah dirapatkan, ruas-ruas ujung jari menekuk pinggiran cakram, sedang ibu jari letaknya bebas pada cakram.

Selain itu terdapat juga tiga cara yang dapat dilakukan untuk memegang cakram, akan tetapi cara memegang cakram ini bergantung pada lebar tangan dan panjang jari-jari. Berikut ini beberapa cara memegang cakram yang dapat dilakukan.

  • Cara pertama
  • Cakram dipegang dengan cara meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jarinya. Jari-jari sedikit renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya. Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit di belakangnya. Semakin panjang jarinya, semakin mudah cakram dipegang erat-erat.
  • Cara kedua
  • Cakram dipegang dengan menggunakan empat jari, jari telunjuk dan jari tengah menjadi satu atau dirapatkan, ruas-ruas ujung jari ditekuk untuk memegangi pinggiran cakram. Tekanan terutama oleh kedua jari yang berhimpitan. Adapun ibu jari letaknya bebas pada cakram.
  • Cara ketiga
  • Cakram dipegang seperti pada cara pertama, hanya letak tepi cakram agak lebih ke ujung jari-jari. Dengan sendirinya pegangan pada cakram tidak terlalu erat dan telapak tangan berada di tengah-tengah cakram. Teknik ini umumnya digunakan bagi atlet yang jari-jarinya pendek.
2. Teknik melakukan awalan

Dilakukan dengan berdiri sikap menyamping arah lemparan dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Cakram dipegang dengan kedua tangan di atas bahu (tangan kanan di atas dan tangan kiri di bawah), kemudian ayunkan cakram dengan tangan kanan ke arah kanan bersamaan kedua lutut direndahkan.

Pandangan dan badan mengikuti arah gerak cakram, ayunkan kembali cakram dengan tangan kanan ke depan atas, diikuti gerak badan, pandangan dan lutut naik, gerakan ini dilakukan berulang-ulang sambil mengatur konsentrasi untuk melempar.

Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik memegang cakram dan Teknik melakukan awalan Dalam Olahraga Lempar Cakram | Edukasi Center"

Posting Komentar