Service Fault Dalam Permainan Bulutangkis



Bagikan:


Service fault in badminton [image by www.masterbadminton.com], 

Bulutangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari di dunia, bulutangkis dimainkan secara tunggal atau ganda. Beberapa nomor yang diperlombakan dalam olahraga ini di beberapa event yaitu nomor tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran. Sama seperti olahraga lainnya, bulutangkis juga mempunyai peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh semua pemain.


Salah satu peraturan yang biasanya menjadi perdebatan antara pemain dan wasit yaitu mengenai peraturan dalam servis atau biasa disebut dengan service fault. Service fault merupakan sitilah yang digunakan saat seorang pemaina melakukan kesalahan servis, dan biasanya kesalahan servis tersebut mendapat protes dari pemain karena merasa tidak melakukan kesalahan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:
Bagi pemain yang biasanya menggunakan servis pendek sering sekali mendapatkan Service Fault, sebab pemain tersebut akan berusaha untuk meloloskan bola atau shuttlecock tepat diatas net. Berikut ini peraturan dalam hal servis agar tidak terkena Service Fault dari wasit, yaitu:
  • Seluruh shuttlecock harus berada di bawah pinggang server saat dipukul oleh server raket.
  • Bagian pinggang harus dianggap sebagai garis imajiner di sekeliling tubuh, sejajar dengan Bagian terendah dari rusuk bawah server.
  • Kepala raket Anda harus menunjuk ke arah bawah saat tumbukan dengan shuttlecock.
  • Raket harus berayun ke arah atas.

Kebanyakan kesalahan yang dilakukan oleh pemain yang akan melakukan servis yaitu bola atau shuttlecock berada di atas pinggang sehingga selalunya menjadi perdebatan antara pemain dengan wasit, peraturan ini memang agak kurang menguntungkan bagi pemain yang berpostur agak pendek sebab tinggi pinggangnya lebih rendah sehingga memerlukan teknik lebih untuk melakukan servis dan meloloskan shuttlecock ke daerah lawan.

Itulah sedikit informasi mengenai Service Fault Dalam Permainan Bulutangkis, semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan anda sehubungan dengan peraturan Service Fault ini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga bulutangkis atau badminton.


* Diperbaharui pada 7/31/2022




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Service Fault Dalam Permainan Bulutangkis"

Posting Komentar