Bentuk Latihan Teknik Dasar Tolak Peluru



Bagikan:


Tolak peluru [zimbio.com]

Tolak peluru merupakan salah satu olahraga hasilnya ditentukan oleh sejauh mana seorang atlit dapat menolak bola besi atau peluru sejauh-jauhnya dari tempatnya. Untuk menghasilkan tolakan yang jauh dan maksimal, atlit tolak peluru harus melakukan latihan.


Bagi pemula yang ingin melakukan tolak peluru, perlu terlebih dahulu melakukan latihan, pastinya bentuk latihan untuk pemula dan yang sudah berpengalaman pasti berbeda. Akan tetapi yang pastinya, setiap latihan yang dilakukan harus berhubungan dengan teknik dasar dalam tolak peluru, seperti pada beberapa latihan berikut ini.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:
1. Latihan Lemparan Mendorong Bola Berpasangan

Bentuk latihan ini dapat membantu teman-teman dalam melatih teknik lemparan atau tolakan sehingga nantinya tolakan teman-teman bisa lebih baik lagi. Adapun cara dalam melakukan bentuk latihan lemparan ini yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan sebuah bola besar seperti bola basket, bola sepak, atau bola voli. Lebih baiknya memakai bola basket karena berat bola basket yang paling berat diantara ketiga jenis bola itu.
  • Selanjutnya berdirilah berhadapan sejauh 3 - 4 meter. Jaraknya ini bisa diatur sesuai dengan kemampuan teman-teman.
  • Lakukan lemparan ke arah pasangan dengan menggunakan satu tangan dan dua tanga.
  • Untuk variasi dapat dilakukan dengan cara bersilang dengan dua atau lebih pasangan. Dapat pula memakai dua bola untuk tiap pasangan sehingga tiap-tiap orang saling menolakkan bola besar.
2. Latihan Individu Menolakkan Bola Besar dengan Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Bentuk latihan ini dapat membantu teman-teman dalam mempelajari tolak peluru gaya membelakang (gaya o'brien). Adapun cara melakukan bentuk latihan ini adalah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa bola besar seperti bola basket, bola sepak, atau bola voli. Akan tetapi lebih baik memakai bola basket karena berat bola basket yang paling berat diantara ketiga jenis bola lainnya.
  • Siapkan pula sebuah lapangan untuk latihan.
  • Lakukan tolakan bola besar dengan gaya memeblakangi arah tolakan.
Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Latihan Teknik Dasar Tolak Peluru"

Posting Komentar