Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)



Bagikan:


Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu bola besi bulat (peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak terjauh (Wikipedia). Olahraga tolak peluru dilakukan pada sebuah lapangan tolak peluru khusus dengan ukuran-ukuran tertentu.


Pada umumnya, terdapat dua gaya dalam tolak peluru salah satunya yang akan kita bahas dalam artikel ini ialah tolak peluru gaya membelakangi (gaya o'brien). Gaya O’Brien ialah gaya tolak peluru yang dilakukan dengan cara membelakangi area lemparan terlebih dahulu sebelum melakukan tolakan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:

Untuk bisa melakukan tolak peluru gaya membelakangi (gaya o'brien), teman-teman harus mengetahui juga beberapa teknik dasar dalam tolak peluru gaya membelakangi. Adapun teknik dasarnya adalah sebagai berikut.

1. Cara Memegang Peluru dan Meletakkannya pada Bahu

Peluru diletakkan pada ujung telapak tangan atau bagian yang dekat dengan jari-jari tangan. Jari-jari tangan terbuka, ibu jari dan jari kelingking menjaga agar peluru tidak tergelincir ke luar atau ke dalam. Setelah peluru dapat dipegang dengan baik. letakkan pada bahu dan tempelkan pada leher. Siku tangan yang memegang peluru agak dibuka ke samping sehingga ada jarak antara leher dengan peluru.

2. Sikap Badan pada Waktu akan Menolak
Apabila peluru dotolakkan dengan tangan kanan, sikap badan sebagai berikut.
  • Berdiri tegak pada kaki kanan dengan membelakangi arah tolakan.
  • Kaki kiri secara rileks ke belakang dengan ujung jari menyentuh tanah.
  • Tangan kiri diluruskan ke atas di samping telinga.
  • Pandangan mata ke depan bawah.
3. Cara Menolak Peluru

Pada saat peluru akan ditolakkan, kaki kanan berjingkat ke belakang disusul mendaratkan kaki kiri jauh kebelakang. Selanjutnya, putar badan ke arah kiri dengan cepat. Ketika dada menghadapke arah tolakan, peluru ditolakkan dengan cepat. Bantulan dengan tolakan kaki kanan dan seluruh badan. Bersamaan dengan itu peluru dilepaskan ke depan sejauh-jauhnya.

4. Sikap Badan Setelah Menolak

Sesudah peluru ditolakkan dan terlepas dari tangan, daratkan kaki kanan yang digunakan untuk menolak pada tempat kaki kiri. Kaki kiri terangkan ke belakang dengan lemas untuk menjaga keseimbangan agar badan jatuh ke depan.



Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)"

Posting Komentar