Sejarah Singkat dan Asal Mula Olahraga Jalan Cepat



Bagikan:


Sejarah singkat olahraga jalan cepat [image by Kompas.id] - 

Atletik adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingan atau diperlombakan yang meliputi nomor jalan, lari, lompat, dan lempar. Nomor jalan cepat berbeda dengan nomor lari dalam olahraga atletik, Nah, berikut ini sejarah singkat dan asal mula diadakannya olahraga jalan cepat.


Jalan cepat diadakan pada tahun 1867 di London. Pada tahun 1912 jalan cepat 10 km diselenggarakan pada lintasan sebagai salah satu nomor olimpiade tahun 1976 tercantum nomor jalan cepat 20 km, yang sejak 1956 dipertandingkan dalam olimpiade. Tetapi pada olimpiade tahun 1980 di Mokswa, jalan cepat 50 km dicantumkan lagi dalam nomor perlombaan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Jalan Cepat dibawah ini:

Pada tahun-tahun terakhir ini perlombaan jalan cepat mulai banyak penggemarnya dan dibicarakan. Dalam olimpiade modern perlombaan jalan cepat 20 km, dan 50 km telah lama menjadi nomor yang selalu diperlombakan. Di Indonesia perlombaan jalan cepat sebagai nomor yang diperlombakan pada kejuaraan nasional atletik tahun 1978. Jarak yang diperlombakan ialah untuk wanita: 5 km dan 10 km, dan untuk pria: 10 km dan 20 km.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMP/MTs Kelas VII/ Penulis, Muhajir; Penelaah, Sugito Adi Warsito, Toto Subroto, Suroto dan Taufiq Hidayah. — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sejarah Singkat dan Asal Mula Olahraga Jalan Cepat"

Posting Komentar