Cara Melakukan Teknik Mengontrol Bola Menggunakan Dada dan Perut Dalam Permainan Sepak Bola



Bagikan:


Gambar teknik mengontrol bola [image by tutorialolahraga.com], 
Pernahkah teman-teman melihat pertandingan sepak bola amatiran dan pertandingan sepak bola profesional? pasti jika dibandingkan antara kedua pertandingan tersebut pasti sangat berbeda. Apa yang membedakannya? yang paling kelihatan pasti dari skill setiap pemainnya.

Terdapat beberapa teknik dasar yang ada dalam sepak bola yang pastinya wajib untuk dikuasai oleh setiap pemain sepak bola, khususnya pemain yang ingin terjun ke sepak bola profesional. Salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai tersebut ialah teknik mengontrol bola.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:
Dalam prakteknya dalam permainan sepak bola, teknik mengontrol bola ini digunakan salah satunya dalam hal ketika teman satu tim memberikan umpan kepada kita dan kita harus siap untuk menerima bola tersebut dengan kontrol yang baik. Jangan sampai ketika bola diumpan ke kita malah bola yang harusnya dapat kita kuasai malah terpantul ke pemain lawan.


Teknik mengontrol bola dalam permainan sepak bola selalu menggunakan kaki dalam prakteknya, akan tetapi bisa juga menggunakan anggota badan lainnya diantaranya dada dan perut. Nah, bagaimana cara melakukan teknik mengontrol bola menggunakan dada dan perut dalm permainan sepak bola?

Cara melaksanakan teknik mengontrol bola menggunakan perut adalah sebagai berikut.
  1. Pandangan mata ke arah bola.
  2. Badan atas dibungkukkan ke depan, tangan dibuka, sedangkan perut dengan otot-otot perut ditarik dan dikencangkan, sehingga membentuk rongga untuk menerima bola yang akan datang (harus dilakukan dengan berhatihati).
  3. Tumit diangkat sedikit ketika menahan bola bergulir.
  4. Bola yang diterima diusahakan jatuh ke tanah untuk dikontrol dan bisa langsung dimainkan.


Adapun cara melaksanakan teknik mengontrol bola menggunakan dada adalah sebagai berikut.
  1. Pandangan mata ke arah datangnya bola.
  2. Badan condong sedikit ke belakang mulai dari lutut.
  3. Mengontrol dengan dada dilakukan dengan membuka tangan ke samping, dada dikembangkan dan bola diterima dengan tengah-tengah dada, bukan jatuh pada tulang rusuk (berbahaya). Sewaktu bola menyentuh dada, dada ditarik mengikuti bola, sehingga bola jatuh ke bawah (tidak memantul kembali).

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Mengontrol Bola Menggunakan Dada dan Perut Dalam Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar