Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Sikap Lilin dan Gerakan Guling Lenting | EdukasiCenter



Bagikan:


Gambar ilustrasi rangkaian sikap lilin dan guling lenting, 
Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Terdapat beberapa macam senam yang ada, diantaranya yaitu Senam Lantai, Senam Ketangkasan, Senam Aerobik, dan Senam Irama.

Senam Lantai merupakan perpaduan atau gabungan dari gerakan-gerakan dasar sehingga menghasilkan gerakan yang sangat indah. Dalam pelaksanaannya senam lantai dilakukan pada sebuah area yang dilapisi oleh bidang yang empuk untuk mencegah adanya cedera saat pesenam melakukan gerakannya.
Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Terdapat beberapa gerakan dasar dalam senam lantai yang bisa digabungkan atau dirangkaikan menjadi sebuah gerakan, seperti gerakan sikap lilin dan gerakan guling lenting. Sikap lilin merupakan gerakan yang menyerupai lilin dengan kaki lurus keatas, sdangkan guling lenting adalah gerakan berguling diikuti dengan melentingkan tubuh ke depan atas dengan melemparkan kedua kaki dan menolakkan kedua tangan.


Adapun cara melakukan rangkaian gerakan sikap lilin dan gerakan guling lenting yaitu pertama-tama lakukan gerakan sikap lilin diawali dengan sikap Posisi tubuh telentang, kedua tangan rapat di samping badan dan kedua tungkai lurus serta kedua tangan rapat. Angkat kedua tungkai lurus ke atas sampai ujung kaki. Angkat pinggul ke atas, kemudian tahan dengan kedua tangan, jaga keseimbangan, punggung tetap menempel di matras.

Setelah itu lakukan gerakan selanjutnya, yaitu gerakan guling lenting. Masih dengan sikap lilin, lalu dorong kaki lurus ke belakang dan tempatkan tangan sejajar telinga dengan jari menghadap ke depan. Nah kemudian dorong pinggul, dan tungkai kaki dilecutkan kuat ke depan menggunakan bantuan tangan.

Lecutkan kedua kaki ke depan hingga keduanya mendarat pada matras dengan ujung telapak kaki agak rapat, pada akhir gerakan berdiri dengan kedua kaki agak rapat. Itulah rangkaian gerakan sikap lilin dan gerakan guling lenting, silahkan dicoba akan tetapi dengan didampingi oleh teman atau guru.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Sikap Lilin dan Gerakan Guling Lenting | EdukasiCenter"

Posting Komentar