Kesalahan yang Terjadi Saat Melakukan Blocking Dalam Bola Voli



Bagikan:


Teknik Blocking Bola Voli [Olahraga.pro]

Salah satu teknik dasar yang sangat penting dalam taktik bertahan dalam permainan bola voli ialah teknik membendung bola atau blocking. Teknik membendung bola ini dilakukan oleh satu hingga tiga pemain, bahkan jika serangan lawan dirasa kuat maka bila dilakukan oleh lebih dari tiga pemain.


Apa itu teknik blocking? Blocking atau membendung adalah salah satu upaya untuk menahan serangan lawan, dengan harapan untuk memperoleh nilai. Atau dengan kata lain blocking merupakan suatu upaya pemain untuk menutup arah datangnya bola dari daerah lawan dengan jangkauan tangan di atas net.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Jadi blocking mempunyai fungs untuk menahan atau menutup ruang lawan dalam memukul bola. Blocking yang baik di samping dapat menahan serangan lawan juga sekaligus mematikan serangan lawan untuk memperoleh nilai.

Pemain yang biasanya melakukan blocking disebut dengan blocker, keriteria pemain yang baik untuk dijadikan blocker ialah mempunyai tinggi badan yang diatas pemain lainnya, mempunyai lompatan yang tinggi, dan menguasai teknik blocking.

Blocking yang tepat adalah pada saat bola akan dipukul oleh tangan smasher kedua belah tangan blocker benar-benar mengurung bola secara rapat, sehingga bola tertahan dengan sempurna dan bola akan memantul kembali ke daerah lawan.

Akan tetapi, sering juga terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemain pada saat akan dan sementara melakukan bendungan atau blocking. Apakah kesalahan tersebut dari pemain itu sendiri, atau kesalahan karena taktik menyerang lawan yang sulit ditebak.

Adapun Kesalahan-kesalahan umum yang biasa terjadi pada saat melakukan blocking adalah sebagai berikut.
  1. Meloncat terlalu cepat, sehingga pada saat bola datang tangan sudah berada kembali di bawah tepi bagian atas jaring.
  2. Posisi siap terlalu jauh dengan jaring.
  3. Tangan diayun ke depan sehingga menyentuh jaring.
  4. Lengan diacungkan tegak lurus ke atas segaris dengan telinga.
  5. Tangan terlalu renggang atau jarak kedua lengan terlalu lebar.
  6. Timing yang tidak tepat.
  7. Jari-jari dan telapak tangan tidak ditegangkan pada saat perkenaan dengan bola.

Kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi tersebut sebenarnya biasa diatasi dengan cara selalu melakukan latihan-latihan secara teratur, latihan untuk melatih teknik membendung atau blocking ini dapat dilakukan dengan latihan permainan atau dengan latihan kecil seperti latihan dengan tiga atau empat orang.




Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2 Untuk SMP/MTs kelas VIII/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Kesalahan yang Terjadi Saat Melakukan Blocking Dalam Bola Voli"

Posting Komentar