3 Macam Pukulan Servis Dalam Bulu Tangkis



Bagikan:


Ilustrasi pukulan servis bulu tangkis [Bola.com]

Dalam permainan bulu tangkis atau badminto, dikenal beberapa macam teknik memukul bola, salah satunya ialah teknik pukulan servis. Apa itu pukulan servis? Servis adalah pukulan yang mengawali setiap pertandingan bulutangkis atau setiap pergantian bola dan melanjutkan permainan selalu diawali dengan servis.


Dalam sistem rally point yang telah diberlakukan disetiap permainan bulu tangkis, membuat setiap pemain untuk dapat memanfaatkan setiap kesempatan untuk mendapatkan poin, salah satunya dari pukulan servis. Dalam beberapa permainan bulu tangkis yang biasa kita saksikan, pemain sering mendapat poin "gratis" dari melakukan servis yang baik.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:

Pada umumnya terdapat 3 macam pukulan servis yang biasa dilakukan pemain dalam permainan bulu tangkis, yaitu sebagai berikut.

1. Pukulan Servis tinggi
Servis tinggi banyak digunakan dalam permainan tunggal (single). Cara melaksanakannya adalah sebagai berikut.
  • Berdiri dengan nyaman, sebagian besar berat badan berada di kaki belakang.
  • Rentangkan lengan kiri ke depan dan jatuhkan bola tepat sebelum mengayunkan raket ke muka. Putarlah bahu dan pinggul pada saat berat badan berpindah dari kaki depan. Pergelangan tangan dan lengan bawah harus berputar pada saat bola disentuh raket. Bola tidak didorong, tetapi dipukul.
  • Gerakan akhir servis harus tinggi dan usahakan tangan kanan melampaui bahu kiri, jangan mengangkat atau menggeser kaki sampai saat bola dipukul dan arahkan bola tinggi dan jauh.
2. Pukulan Short service

Short service adalah servis pendek untuk permainan ganda (double). Untuk melaksanakan servis pendek hanya memerlukan sedikit tenaga, seolah-olah bola cukup dengan didorong saja menggunakan perpindahan berat badan dari belakang ke depan secara berirama, sedangkan gerak pergelangan tangan hanya dipakai untuk menentukan arah bola saja.

3. Pukulan Drive service

Drive service yaitu servis yang digunakan untuk pemain ganda (double). Pada saat akan melakukan drive servis, bersiaplah dengan berdiri agak di belakang dan agak jauh dari garis tengah. Pukullah bola sejauh-jauhnya dari samping badan agar lengan dapat bergerak dengan leluasa. Pukulan ini tidak mengutamakan kecepatan laju bola, melainkan kerendahan terbangnya dan arah lajunya bola.

Itulah 3 macam pukulan servis dalam bulu tangkis, dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa ketiga macam pukulan servis tersebut yaitu pukulan servis tinggi yang biasa digunakan oleh pemain tunggal, pukulan servis pendek yang biasa digunakan oleh pemain ganda, dan pukulan servis datar yang juga biasa digunakan oleh pemain ganda.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2 Untuk SMP/MTs kelas VIII/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "3 Macam Pukulan Servis Dalam Bulu Tangkis"

Posting Komentar