Ukuran Lengkap Lapangan Lompat Jauh



Bagikan:


Gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya [image by www.tutorialolahraga.com]
Lompat jauh adalah salah satu nomor atau cabang olahraga dalam atletik, tujuan olahraga ini ialah dengan melakukan lompatan sejauh-jauhnya. Pada awalannya melakukan lari kemudian melakukan tolakan pada balok atau papan tolakan setelah itu melompat dan mendarat di bak pendaratan yang berisi pasir halus.

Terdapat beberapa gaya yang ada pada lompat jauh, salah satunya yaitu gaya menggantung. Kenapa dikatakan menggantung? karena pada saat melayang diudara atlet mengangkat kedua tangannya seolah-olah ia sedang menggantung. Dalam lompat jauh terdapat beberapa peraturan yang perlu dipatuhi, salah satunya mengenai ukuran lengkap lapangan lompat jauh. Perhatikan gambar lapangan atau area lompat jauh dibawah.


Pada lapangan lompat jauh dibagi menjadi tiga bagian, yaitu lintasan lari awalan, papan atau balok tolak, dan bak pendaratan. Lintasan awalan yang digunakan untuk berlali memiliki panjang minimal 45 m, sementara lebarnya minimal 1,22 m dan maksimal 1,25 m. Lintasan dibatasi dengan garis putih selebar 5 cm di sebelah kanan dan kirinya.

Sementara itu papan atau balok tolak yang terdapat pada ujung lintasan lari berbentuk segi empat, terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dan di cat putih. Papan tolakan ditanam tidak kurang dari 1 meter dari tepi dekat tempat pendaratan. Jarak papan tolak dengan sisi terjauh dari tempat pendaratan minimal 10 m.

Ukurannya adalah sebagai berikut.
  • Panjang = 1,21–1,22 m
  • Lebar = 19–20 cm
  • Tebal = 5 cm

Papan tolak harus ditanam di tanah, bagian atasnya rata dengan tanah lintasan lari dan tempat pendaratan. Di belakang garis tolakan dipasang papan plastisin atau bahan lain yang sesuai, yang berfungsi sebagai pencatat injakan kaki pelompat yang salah dan membekas di papan tersebut.

Untuk bak pendaratan yang digunakan mendarat saat melompat mempunyai lebar bak pendaratan minimal 2,75 m dan panjangnya minimal 10 m. Bak pendaratan harus diisi dengan pasir yang lembut dan basah. Permukaan atasnya harus datar dan rata dengan permukaan papan tolak.

Itulah penjelasan singkat mengenai ukuran lengkap lapangan lompat jauh, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua mengenai cabang olahraga lompat jauh dan juga olahraga atletik yang merupakan induk dari olahraga lompat jauh dan olahraga lainnya.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lengkap Lapangan Lompat Jauh"

Posting Komentar