Bentuk dan Ukuran Lapangan Polo Air



Bagikan:


Bentuk dan Ukuran Kolam Polo Air
Olahraga polo air mungkin tidak begitu populer ditelinga kita, sebab olahraga ini sangat jarang kita dengar atau saksikan pertandingannya. Bukan hanya pertandingannya yang jarang kita lihat, perlengkapannya pun yang berupa kolam pasti belum pernah juga kita lihat

Seperti namanya, polo air merupakan olahraga yang dimainkan didalam air, olahraga ini hampir mirip dengan olahraga bola tangan akan tetapi dimainkan didalam air. Cara memainkan olahraga ini sangat sederhana, olahraga ini dimainkan oleh dua regu atau tim, setiap tim nya beranggotakan 7 pemain.


Setiap pemain berusaha untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan, setiap bola yang dimasukkan ke gawang lawan akan menghasilkan poin. Seperti olahraga lainnya, olahraga polo air juga mempunyai peraturan-peraturan pertandingan yang harus di patuhioleh setiap pemain.

Salah satu peraturan pertandingan yang perlu diperhatikan ialah mengenai ukuran kolam pertandingan yang akan digunakan untuk bertanding. Kolam pertandingan polo air berbentuk segi panjang, didalam kolam pertandingan terdapat empat garis termasuk garis tengah dan gawang. Untuk lebih jelasnya mengenai bentuk lapangan polo air perhatikan gambar diatas.

Dari gambar diatas dapat kita ketahui ukurannnya, dimana ukuran kolam polo air keseluruhan ialah maksimum 30 x 20 meter. Sementara itu gawang polo air berukuran lebar 3 meter dan tingginya 90 cm diatas permukaan air, sementara itu terdapat 4 garis yang ada termasuk gari gawang, garis merah terletak 2 meter dari gawang, garis kuning terletak 4 meter dari gawang, sedangkan garis hijau 7 meter dari gawang.

Terletak sebuah lingaran kecil ditengah lapangan untuk memulai pertandingan, sedangkan di sudut kolam terdapat area berwana merah sebagai re-entry area pemain. Mungkin teman-teman bertanya pula, berapa kedalaman dari kolam olahraga polo air ini? kedalam kolam polo air minimumnya sekitar 1,8 meter akan tetapi lebih disukai atau yang sering digunakan yaitu kedalaman 2 meter.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya berikan kepada teman-teman perihal bentuk dan ukuran kolam olahraga polo air, semoga informasi singkat ini dapat menambah wawasan kita mengenai olahraga polo air. Selain itu semoga dapat pula bermanfaat untuk teman-teman sekalian, ikuti terus informasi terbaru seputar olahraga di blog ini.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk dan Ukuran Lapangan Polo Air"

Posting Komentar