Ukuran Lengkap Lapangan Bola Voli



Bagikan:


Ukuran Lengkap Lapangan Bola Voli
Bola voli merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat indonesia, itulah sebabnya disetiap perlombaan yang ada pasti permainan ini diikutsertakan.

Bola voli dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim terdiri atas enam pemain. Masing-masing pemain dengan kemampuan individu yang berbeda datang dengan kepercayaan diri tinggi dan saling bekerja sama untuk meraih kemenangan.


Kemenangan akan diraih jika sebuah tim menang tiga set. Jadi, dalam satu pertandingan bola voli maksimal akan dimainkan lima set. Komunikasi yang baik antarpemain sangat diperlukan dalam menerapkan pola permainan. Untuk memainkan permainan bola voli perlu memerlukan beberapa perlengkapan, salah satunya ialah lapangan.

Ukuran lengkap lapangan bola voli tidak sembarangan, harus sesuai dengan standar internasional atau bisa juga memakai standar nasional yang dikeluarkan oleh organisasi bola voli di Indonesia atau PBVSI. Pada umumnya lapangan bola voli dibagi menjadi dua bagian yaitu area depan atau front zone dan area belakang atau back zone.

Pada gambar diatas jelas sekali ukuran lengkap dari lapangan bola voli, dimana panjang lapangan bola voli sekitar 18 meter dan lebarnya 9 meter. Sementara itu ukuran panjang wilayah atau area depan 3 meter dari garis tengah lapangan, adapun ukuran dari serving area yang berada di pojok belakang lapangan mempunyai ukuran lebar 3 meter.

Untuk ukuran net bola voli dalam lapangan, yaitu lebar net bola voli 1 meter, tinggi net untuk putra 2,43 meter sedangkan untuk putri 2,24 meter. Tinggi antena pada net bola voli yang terdapat dikedua ujung net berukuran 80 centimeter, Tinggi tiang net bola voli berukuran 2,55 meter, jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli berukuran 0,5 – 1 meter.

Itulah penjelasan singkat mengenai ukuran lengkap lapangan bola voli, jadi kesimpulannya ialah lapangan bola voli berukuran panjang 18 meter, lebar 9 meter, ukuran wilayah depan 3 meter, dan tinggi net 2,43 meter (putra) dan 2,24 meter (putri). Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua mengenai permainan bola voli.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lengkap Lapangan Bola Voli"

Posting Komentar