Memegang Raket Bulutangkis dengan Cara Forehand Grip



Bagikan:


Forehand grip badminton [image by www.thaigoodview.com]

Olahraga bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari di dunia, khususnya di Indonesia olahraga bulu tangkis merupakan olahraga nomor dua paling banyak penggemarnya setelah olahraga sepak bola. Untuk memainkan olahraga ini tidak memerlukan banyak tempat, kita hanya memerlukan raket dan shuttlecock (bola badminton).


Dalam olahraga bulu tangkis, pemain badminton yang handal harus menguasai beberapa teknik dasar dalam permainan bulu tangkis. Salah satu teknik dasar dalam permainan bulu tangkis yang penting ialah teknik dasar memegang raket. Teknik dasar memegang raket dalam bulu tangkis terbagi menajadi empat, salah  satunya ialah teknik pegangan forehand atau forehand grip.

Teknik pegangan forehand atau forehand grip ini sangat efektif untuk pukulan smash di depan net atau untuk mengambil bola di atas net dengan cara menitipkan ke bagian bawah secara tajam. Dengan daun raket yang menghadap ke muka membuat si pemukul mudah mengarahkan bola ke kiri atau ke kanan sehingga hasil pukulannya keras dan juga sulit diduga arahnya.

Kelemahan dari pegangan ini adalah kurang efektif untuk melakukan pukulan backhand dan untuk permainan netting di samping atau di bawah net.

Cara melakukan teknik memegang raket dengan cara pegangan forehand atau forehand grip yaitu : Raket diletakkan di lantai dalam posisi miring kemudian peganglah dengan cara bagian tangan antara ibu jaridengan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang sempit. Raket dipegang tanpa diubah-ubah (statis). Hal yang perlu diperhatikan adalah letak ibu jari tidak melebihi dan tidak juga kurang dari jari telunjuk.

Selain sangat efektif untuk pukulan smash di depan net atau untuk mengambil bola di atas net, pegangan forehand atau forehand grip mempunyai beberapa keuntungan lainnya untuk pemain badminton. Keuntungan yang dapat dirasakan ialah sebagai berikut.

  1. Terjaminnya rasa aman karena raket dipegang dengan seluruh telapak tangan, pegangan terasa lebih kuat dan tidak mudah lepas.
  2. Memudahkan pemain untuk melakukan gerakan pukulan terhadap bola yang datangnya ke sebelah kanan badan sehingga pukulan akan dapat dilakukan dengan cermat, baik kecepatan bola maupun sasarannya.
  3. Pemain yang bermain dengan pegangan forehand ini tidak perlu memutar-mutar pegangan. Oleh karena itu, kesalahan menempatkan posisi daun raket terhadap bola lebih kecil.

Itulah penjelasan singkat mengenai keuntungan serta cara melakukan teknik memegang raket dengan cara forehand grip atau pegangan forehand. Semoga penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan kita mengenai teknik dasar dalam olahraga bulu tangkis, khususnya teknik memegang raket.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Memegang Raket Bulutangkis dengan Cara Forehand Grip"

Posting Komentar