Memegang Raket Bulutangkis dengan Cara American Grip



Bagikan:


Ilustrasi teknik memegang raket [image by badmintoners35.blogspot.co.id]

Olahraga bulu tangkis atau badminton sangat populer di Indonesia, kita mengenal beberapa pemain bulu tangkis Indonesia yang kehebatannya telah terbukti di setiap pertaningan, salah satunya ialah pada nomor ganda campuran yaitu pasangan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad, kedua pemain ini baru saja memenangkan medali emas Olympiade untuk cabang olahraga bulu tangkis nomor ganda campuran.


Selain Indonesia, negara lainnya yang mempunyai pemain-pemain badminton hebat yaitu China, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, dan Denmark. Negara-negara tersebut saat ini menjadi raksasa badminton dunia dan sering menjadi juara pada kejuaraan bulu tangkis dunia.

Untuk menjadi pemain hebat seperti pemain-pemain bulu tangkis top dunia tersebut, kuncinya ialah terus berlatih dan menguasai teknik-teknik dasar olahraga badminton.

Salah satu teknik dasar yang sangat penting dikuasai oleh pemain bulu tangkis atau badminton ialah teknik dasar memegang raket, bagi beberapa orang teknik ini dianggap tidak penting, akan tetapi teknik ini menentukan baik buruknya pukulan.

Teknik memegang raket terbagi menjadi 3 jenis (ada yang menyebut 4), pada postingan terdahulu kita telah membahas Backhand Grip dan Forehand Grip kali ini kita akan membahas teknik ketiga yaitu American Grip.

Teknik American Grip atau pegangan american biasa juga disebut dengan pegangan gebug/memukul kasur, karena caranya memegangnya mirip dengan memegang pemukul kasur. Cara American Grip adalah sebagai berikut, letakkan raket di lantai, kemudian ambil dan peganglah pada ujung tangkainya (handle) dengan cara memegang seperti memegang pemukul kasur, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang luas. Permukaan raket sejajar dengan lantai.

Cara memegang raket dengan cara American Grip ini sangat efektif untuk pukulan smash di depan net atau untuk mengambil bola di atas net dengan cara menitipkan ke bagian bawah secara tajam. Dengan daun raket yang menghadap ke muka membuat si pemukul mudah mengarahkan bola ke kiri atau ke kanan sehingga hasil pukulannya keras dan juga sulit diduga arahnya.

Terdapat juga kelemahan dari cara pegangan American Grip ini adalah kurang efektif untuk melakukan pukulan backhand dan untuk permainan netting di samping atau di bawah net.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Memegang Raket Bulutangkis dengan Cara American Grip"

Posting Komentar