Tugas Tosser/Set-upper Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Pemain tosser/set-upper bola voli [image by Lahiya.com]

Bola voli merupakan salah satu olahraga beregu, dimana satu regu beranggotakan enam orang pemain. Olahraga ini menggunakan tangan untuk memukul dan mengoper bola, berbeda dengan olahraga sepakbola yang menggunakan kaki untuk bermain. Untuk mendapatkan poin, setiap grup berusaha untuk mengembalikan bola dari lawan, jika tidak dapat mengembalikan bola maka grup lawan akan mendapatkan poin.


Seperti hal olahraga beregu lainnya, pemain-pemain bola voli juga mempunyai posisi didalam lapangan. Pemilihan posisi pemain ini disesuaikan dengan keahlian peman tersebut, biasanya pelatih yang sangat tau posisi mana pemain tersebut sangat cocok. Salah satu posisi dalam olahraga bola voli ialah Tosser atau Set-upper. Apa itu posisi Tosser atau Set-uper serta apa saja tugas pemain tersebut? berikut ini informasinya.

Tugas tosser/set-upper adalah sebagai pengatur serangan sekaligus sebagai pengumpan. Sesuai dengan tugasnya sebagai pengatur serangan, seorang set-upper harus memiliki keterampilan passing atas dan passing bawah yang bagus sehingga bola-bola yang diumpankan kepada smasher dapat dipukul dengan baik. Set-uper mengumpan bola ke depan atau ke belakang badannya serta menurut arah bola dengan net terdiri dari sejajar, vertikal, atau diagonal.

Posisi set-upper selalu di depan (tukar posisi apabila bola servis telah menyeberangi net). Pada saat-saat tertentu dia berfungsi sebagai penahan serangan lawan (blocking), dan di saat lain bisa sebagai pemukul bola tanggung dari lawan. Seorang set-upper juga harus memiliki keterampilan membendung dan keterampilan memukul (smash). Dia harus pandai mencari peluang. Apabila lawan lengah, bola dapat langsung didorong ke lapangan lawan yang kosong untuk mendapatkan poin.

Pada penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa, Tosser atau Set-upper merupakan pemain yang bertugas untuk mengatur serangan dan memberikan umpan atau operan yang matang kepada pemain yang akan melakukan smash. Maka dari itu, pemain ini harus sangat terampil dalam melakukan teknik passing, selain itu pemain ini juga dapat menjadi penahan serangan lawan didepan net.




Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tugas Tosser/Set-upper Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar