Tugas, Peran, dan Kriteria Pitcher Dalam Permainan Baseball



Bagikan:


Baseball adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim, dimana tim yang bertanding ini dibedakan menjadi tim pemukul dan tim pelempar. Khusus untuk tim pelempar, salah satu pemain yang mempunyai peran utama dalam keberhasilan tim ini ialah pemain yang bertugas sebagai Pitcher.

Yang perlu teman-teman ketahui bahwa selain di Baseball, pemain yang bertugas melempar bola atau biasa diistilahkan dengan Pitcher, juga ada pada permainan softball sebab kedua permainan atau olahraga ini tidak jauh berbeda. Akan tetapi Pitcher pada baseball dan pitcher pada softball hanya dibedakan pada teknik dalam melempar bola saja.

Tugas Pitcher Baseball

Pelempar (Pitcher) dalam baseball bertugas melempar bola ke arah home plate. Pelempar harus memastikan lemparannya cukup sulit sehingga tidak dapat dipukul oleh pemukul. Pelempar juga harus memastikan bahwa lemparannya dapat dipukul oleh pemukul dan bola hasil pukulan dapat ditangkap oleh pelempar, sehingga pemukul tidak dapat mencetak angka.

Baseball pitcher [image by Fryortho.com], 

Peran Pitcher Baseball

Pelempar (Pitcher) memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah tim Baseball. Pelempar harus memiliki kemampuan melempar bola yang baik, sehingga bola sulit dipukul pemain lawan. Lemparan yang mudah dipukul akan memberikan keuntungan bagi tim lawan, karena tim lawan bisa lebih banyak mencetak angka.

Kriteria Menjadi Pitcher Baseball

Nah, setelah teman-teman mengetahui tugas dan peran pemain pelempar bola atau pitcher yang sangat penting dalam tim baseball, pasti diantara teman-teman ada yang ingin menjadi seorang pitcher. Apa sih syarat atau kriteria supaya kita bisa menjadi seorang pitcher dalam rim baseball?Adapun kriteria untuk menjadi pelempar (Pitcher) yang baik antara lain:

  1. Memiliki stamina dan kekuatan tubuh yang prima. Karena, dalam satu pertandingan pelempar bisa melakukan lemparan berkali-kali.
  2. Menguasai berbagai teknik lemparan. Untuk menghadapi tiap pemukul, pelempar harus menggunakan teknik melempar yang berbeda-beda. Hal itu agar lemparannya tidak mudah dipukul oleh pemain lawan.
  3. Mampu mengatur arah dan kecepatan lemparan dengan baik. Arah dan kecepatan lemparan bola yang bervariasi adalah hal yang sangat penting untuk menghadapi pemukul. Dengan cara demikian, pemukul dapat mengalami kesulitan untuk memukul bola.
  4. Sebuah tim Baseball dapat memiliki pelempar (Pitcher) sebanyak mungkin. Dalam sebuah pertandingan, tim dapat mengganti pelempar sesering yang diinginkan. Hal itu merupakan salah satu strategi untuk menghadapi pemukul yang tangguh. Karena, tiap pelempar memiliki kelebihan dan ciri khas permainannya masing-masing.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai tugas, peran, serta kriteria untuk menjadi pelempar bola atau pitcher dalam tim baseball, semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan teman-teman tentang olahraga baseball.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tugas, Peran, dan Kriteria Pitcher Dalam Permainan Baseball"

Posting Komentar