Bentuk dan Ukuran Lapangan Rounders



Bagikan:


Rounders merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Mungkin di Indonesia permainan atau olahraga ini masih asing ditelinga kita, bahkan mungkin belum ada peminatnya di Indonesia. Jika diperhatikan, permainan ini mirip permainan kasti yang sering kita mainkan waktu kecil. Olahraga ini juga hampir sama dengan olahraga softball dan baseball.

Terdapat beberapa hal yang membedakan antara olahraga softball dan baseball dengan Rounders, selain peraturan pertandingan hal lain yang terlihat berbeda dari olahraga tersebut ialah dalam hal teknik memukul bola dan perlengkapannya.

Tongkat pemukulnya, tongkat pemukul yang digunakan dalam olahraga rounders ukurannya lebih pendek dibandingkan dengan tongkat pemukul pada olahraga softball. Bahan yang digunakan dalam membuat tongkat pemukul rounders juga terbuat dari kayu sehingga lebih ringan dibandingkan dengan tongkat pemukul baseball maupun softball.

Bentuk Lapangan Rounders

Perlengkapan selanjutnya yang membuat olahraga rounders dan softball sedikit berbeda ialah pada lapangannya, bentuk lapangan rounders mempunyai bentuk yang hampir sama dengan bentuk lapangan pertandingan softball akan tetapi yang membedakannya ialah area lapangan rounders pada pos ke tiga tidak menuju ke tempat awalnya saat memukul bola sehingga bentuk lapangannya seperti diamond yang tidak sempurnya.

Gambar Lapangan Rounders


Ukuran Lapangan Rounders

Pada gambar diatas kita dapat melihat ukuran serta bagian-bagian dari lapangan rounders, pada lapangan rounders terdapat empat pos base/pos pemberhentian pemain, berbeda dengan olahraga softball dan baseball yang mempunyai 3 base/pos atau tempat pemberhentian pemain. Jarak antara masing-masing pos/base yaitu 12 meter, kecuali pos 3 ke pos 4 yang jaranya hanya 8,5 meter saja.

Pada lapangan terdapat juga area untuk pemain yang bertugas melempar atau melambungkan bola yang berada ditengah lapangan. Area ini disebut juga bowling square, berbentuk persegi empat yang berukuran 2,5 x 2,5 meter. Sementara itu tepat didepan bowling square yang berjarak 7,5 meter terdapat batting square yaitu area tempat pemain pemukul bola, area pemukul bola ini berbentuk persegi dengan ukuran 2 x 2 meter.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk dan Ukuran Lapangan Rounders"

Posting Komentar