Teknik Dasar Sliding Dalam Permainan Softball



Bagikan:


Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri atas 2 tim, setiap tim terdiri atas 9 pemain dan selebihnya adalah pemain cadangan. Untuk bermain softball, setiap pemain softball diharuskan untuk menguasai beberapa teknik dasarnya, salah satunya ialah teknik sliding.


Sliding termasuk kedalam salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain softball khususnya saat menjadi tim menyerang, teknik ini sangat berguna pada saat pemain berlari dan akan mencapai base secara cepat.

Pengertian Sliding Dalam Permainan Softball

Sliding dapat diartikan sebagai meluncur atau sorong. Atau dapat pula diartikan berhenti pada suatu base sambil mengerem, dengan cara menjatuhkan badan ke muka atau ke belakang agar sukar di-tick. Atau sliding adalah berhenti pada suatu base sambil menahan luncuran dngan cara menjatuhkan badan ke muka atau kebelakang guna menghindari penjaga agar selamat mencapai base. Jadi Sliding adalah upaya menjangkau base dengan cepat dengan cara meluncurkan dan menyentuhkan anggota badan ke base.

Tujuan Teknik Dasar Sliding Dalam Softball

Adapun tujuan dari melakukan teknik sliding dalam permainan softball ialah Untuk mengurangi laju lari ke arah base tanpa kehilangan tempo lari antarbase dan dapat berhenti tepat di atas base tersebut; dan Untuk menghindar dari lemparan bola lawan ke penjaga base sehingga dapat mencapai base dengan selamat.

3 Jenis Sliding Dalam Softball dan Cara Melakukannya

Dalam prakteknya, terdapat tiga cara teknik sliding yang sering dilakukan oleh para pemain softball saat akan mencapai base yang akan disinggahi, yaitu sebagai berikut.

Teknik sliding lurus (straight leg slide)

Teknik sliding lurus atau straight leg slide dilakukan dengan cara meluncur dengan salah satu kaki lurus kedepan dan kaki satunya dilipat dibawah kaki yang lurus, sementara itu salah satu telapak tangan menyentuh tanah dan badan bagian atas sedikit diangkat. Sehingga nantinya yang menyentuh base terlebih dahulu adalah kaki.

Teknik sliding mengait (hook slide)

Teknik sliding mengait atau hook slide dilakukan dengan cara berlari dan meluncur ke arah samping base, ketika akan melewati base, tangan dengan cepat menyentuh base seperti akan mengait base tersebut. Posisi badan saat menyentuh base sedikit tiarap.

Teknik sliding dengan kepala lebih dahulu (headfirst slide)

Sliding dengan kepala lebih dahulu atau headfirst slide, seperti namanya sliding ini dilakukan dengan berlari, melompat, dan meuncurkan badan ke base dengan posisi tiarap dan kepala lebih dahulu serta tangan diluruskan kedepan seolah-olah menggapai base.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Teknik Dasar Sliding Dalam Permainan Softball"